Wajib Ibadah Haji yang Harus Kita Dipahami

Haji merupakan rukun Islam ke lima yang wajib dilaksanakan umat muslim jika mampu.  Sebab haji tak hanya ibadah yang mengandalkan keimanan batiniah, namun juga fisik yang kuat. Pada pelaksanaannya, haji sendiri dibagi menjadi tiga macam. yaitu haji Ifrad, Qiran dan Tamattu.

Dr. Arif Hidayat., S.T., M.T., Wakil Dekan bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) ungkapkan hal tersebut saat menjadi pembicara di Pengajian Tenaga Kependidikan FTI UII di Mushola Bahrul Ulum, Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta (13 Juli 2022)

Haji Ifrad, berarti menyendirikan, artinya seseorang melaksanakan ibadah haji saja tanpa melaksanakan umrah. Orang yang melaksanakan haji ini tidak dikenakan dam dan dapat dilaksakan dengan dua cara; pertama, melaksanakan haji saja (tanpa umrah) dan kedua, melaksanakan haji dulu, lalu umrah setelah selesai berhaji.

Haji Qiran, berarti berteman atau bersamaan. Artinya orang melaksanakan ibadah haji dan umrah secara bersamaan dengan sekali niat untuk dua pekerjaan. Tapi harus membayar denda atau dam.

Haji Tamattu. Kata tamattu berarti bersenang-senang. Maksudnya, orang melaksanakan umrah dahulu pada bulan haji, lalu bertahallul, kemudian berihram haji dari Makkah atau sekitarnya pada 8 Dzulhijjag (haru Tarwiyah atau 9 Dzulhijjah tanpa harus kembali lahi ke miqat semula.

Pada jeda waktu tahllul itu, jemaah bisa bersenang-senang karena tidak dalam keadaan berihra, dan tidak terkenal larangan ihram tapi dikenakan dam.

Saat sesi berbagi pengalaman, Kasiyono, S,Kom, Kepala Urusan Akademik, menyampaikan “melontar jumrah merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji. Jemaah melaksanakan kegiatan tersebut pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhujjah. Lempar jumrah atau ramy al jumrah adalah melemparkan batu kerikil pada waktu, tempat, dan jumlah yang sudah ditentukan,” katanya.

Sebagaimana diketahui ada tiga tempat jumrah, tutur Kasiyono, yaitu pertama Jumrah Ula, terletak dekat dengan Masjid Khoif. Jarak antara jumrah wustho dan jumrah ula adalah kurang lebih 156,5 meter.

Selanjutnya yang kedua Jumrah Wustho, terletak di tengah antara jumrah ula dan jumrah aqabah. Jaraknya antara jumrah ula dan jumrah aqabah kurang lebih 117 meter.

Serta ketiga Jumrah Aqabah, terletak paling dekat ke Makkah. Pada 10 Dzulhijjah, jumrah yang dilontar hanyalah jumrah aqabah. Rasullah SAW melontar pada 10 dzulhijjah selepas dari Muzdalifah setelah matahari terbit.

Sementara, Pardiya, S.T., Staf Laboran Jurusan Teknik Industri FTI UII, saat sesu berbagi pengalaman, menjelaskan tentang “rukun haji adalah syarat wajib yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji, ada 6 yaitu niat ihram, wukuf, thawaf, sa’i, tahalul, tertib. Rukun haji harus dilaksanakan, apabila ada salah satu yang tidak dilaksanakan maka ibadah hajinya tidak sah,” tandasnya

Jerri Irgo