FTI UII dan BSI Inisiasi Program Kerjasama Magang

Dr. Arif Hidayat., ST., M.T., Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni, yang juga sebagai plt Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan Taufiq Machrus, Dean Leader Academy, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), didampingi Arief Sunandar, Group Head. dan M Mochtar Effendy, Deputy Group Head.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan inisiasi, salah satunya kerjasama program magang layanan perbankan syariah. Hal tersebut bagian dari penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi Program Kampus Merdeka.

Delegasi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), diterima di Ruang Sidang Dekanat FTI UII, lantai 2 Gedung KH Mas Mansur, kampus Terpadu UII, Jl Kaliurang Km 14,4 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Rabu, 3 Mei 2023.

Mengutip sebagian paparannya, Taufiq Machrus mengatakan “dalam program magang, benefit buat mahasiswa yang mengikutinya, adalah (1) mendapatkan uang saku bulanan; (2) certificate of competency – Peserta mendapatkan sertifikat kelulusan magang setelah berhasil menyelesaikan program magang; (3) peserta akan memperoleh jaringan koneksi khususnya pada bidang IT industry perbangkan syariah; (4) peserta magang mendapatkan klesemoatan mengikuti training pengembangan di bidang IT (real case)”.

Tampak hadir delegasi PT BSI tbk, lainnya Citra Putri Amanda, Sekretaris, dan Taufiq Galang  AP, Development Operations Enablement Officer serta Anindita Dwi Pramesti, Related Institutionals Assignment Officer.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. R Teduh Dirgahayu, Ketua Jurusan Informatika FTI UII, mengatakan “menyambut baik, kunjungan dan inisiasi kerjasama dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Apalagi Jurusan Informatika FTI UII telah mempunyai program magang sejak 2016.”

Ketentuan yang berlaku saat ini pun sudah sejalan, dimana ketika mahasiswa ikut program magang di industri, maka aturan akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku di perusahaan tersebut, setelah magang maka jurusan yang akan mengkonfersikannya,” kata Dr. R teduh Dirgahayu yang juga Pakar Transportasi Digital tersebut.

Dr. R Teduh Dirgahayu hadir didampingi Zainudin Zukhri, S.T., MIT dan Rahadian Kurniawan, S.Kom., M.Kom., keduanya Dosen Jurusan Informatika FTI UII.

Setelah kunjungan ini, Dr. R Teduh Dirgahayu berharap, “adanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Jurusan Informatika FTI UII dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk, dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pemanfaatan dan penggunaan layanan jasa dan produk perbankan syariah yang berbasis pada pemanfaatan dukungan Teknologi Informasi”.

Jerri Irgo