FTI UII Lepas Calon Jamaah Haji

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) selenggarakan acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah yang dikemas dalam Kajian Syawalan.

Kegiatan Kajian Syawalan dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo., MT., IPU., ASEAN.Eng, Dekan FTI UII, dan dihadiri segenap keluarga besar FTI UII. selain kajian juga dilaksanakan serangkaian acara pelepasan calon jamaah haji keluarga besar FTI UII.

Kajian Syawalan diselenggarakan sebagai sarana untuk silaturahmi keluarga besar FTI UII, sekaligus melepas calon jamaah haji keluarga besar FTI UII yang akan diberangkatkan tahun 2023

Adapun yang akan berangkat haji adalah, Dr. Ir. Farham H M Saleh, MSIE, beserta Istri selanjutnya Yuli Agusti Rochman, S.T., M.Eng beserta Dwi Ana Ratna Wati, S.T., M.Eng.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, mewakili segenap civitas akademika FTI UII turut memberikan ucapan selamat kepada calon jamaah haji keluarga FTI UII, yang jika tidak ada aral akan berangkat ke Tanah Suci bulan Juni 2023.

“Semoga Allah mudahkan semua proses mulai dari persiapan, perjalanan, pelaksanaan sampai kepulangan ke Tanah Air, dan semoga semuanya akan mendapatkan derajat haji yang mabrur,” kata Prof Hari Purnomo, di Auditorium FTI UII, lantai 3 Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta, pada hari Rabu, 3 Mei 2023.

Ibadah Haji adalah rukun Islam kelima yang merupakan kewajiban sekali seumur hidup bagi setiap orang Islam yang mampu menunaikannya. berarti menyengaja, bermaksud atau mengunjungi.

Ibadah haji juga merupakan syariat yang diturunkan Allah SWT kepada hamba-Nya. Ibadah Haji ialah rukun Islam yang difardhukan kepada setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya baik secara fisik maupun materi.

Hukum melaksanakan ibadah haji adalah wajib bagi orang Islam yang mampu. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Ali-Imran ayat 97 yang menjelaskan bahwa haji hukumnya wajib untuk seseorang yang mampu dan dilaksanakan sekali dalam seumur hidupnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Ikatan Keluarga Pegawai FTI UII, Kasiyono, S.Kom turut mendoakan para calon jamaah haji keluarga besar FTI UII agar mendapatkan kemudahan dalam berhaji. Sepulang dari Tanah Suci, mendapatkan predikat haji yang mabrur. Dan mendoakan agar lainnya juga mendapat kesempatan yang sama tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Jerri Irgo