FTI UII dan Ibaraki, Perkuat Kerjasama Penelitian

Dr. Arif Hidayat, S.T., M.T., Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni didampingi Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Dr. Agus Mansur, S.T., M.Eng.Sc, bertempat di Ruang Sidang Dekanat FTI UII, Lantai 2 Gedung KH mas Mansur, Kampus Terpadu UII, menerima kunjungan delegasi dari Ibaraki University, Japan. (7 September 2023).

Ketua Delegasi Profesor, Toru Masuzawa, Dr. Eng, Vice President, Dean of the Graduate School of Science and Engineering, Domain of Mechanical System Engineering, didampingi Profesor, Jun Shimizu, Dr.Eng, Nano Engineering Lab, Domain of Mechanical System Engineering, Graduade School of  Science and Engineering dan Yumiko Takeda, Head of International Exchange Divison serta Kikuchi Ashina, Executive for Equality and Diversity International Relations and SDGs.

Salah satu poin yang dibahas adalah rencana kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya bidang penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa.  Kerjasama penelitian antar perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri sangat menguntungkan. Apalagi Ibaraki University tercatat di urutan rangking #1883 in Best Global Universities dan 10 Kampus terbaik di Jepang.

Dr. Arif Hidayat mengaku sangat diuntungkan adanya memorandum of understanding (MoU) antara UII dan Ibaraki University, sehingga memberikan kesempatan bagi Dosen dan Mahasiswa UII mendapat fasilitas saat melakukan penelitian bersama.

Dr. Agus Mansur secara terpisah mengatakan, “Sebagai komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, FTI UII terus mendorong penelitian yang difasilitasi dengan berbagai laboratorium dan program studi. FTI UII juga membangun berbagai kolaborasi pengajaran dengan para akademisi dari institusi mitra untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang semakin unggul.”

“FTI UII menjadikan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatan lil-alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas,” tandasnya.

Jerri Irgo