SDM Komponen Penting dalam Sebuah Bisnis 

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi tinggi dan profesional sebagai salah satu solusi bisnis perusahaan untuk mencapai sasaran strategis perusahaan. Karena itu, pengembangan SDM sangat sangat penting guna mendukung terwujudnya tata pengelolaan perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

Karyawan Aji, Direktur SDM dan Administrasi PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB),  mengatakan, “latar belakang dan kondisi yang membuat SDM harus berubah dan adanya kolaborasi dengan institusi pendidikan adalah pendidikan formal. Penyelenggaraan program beasiswa pendidikan formal D3, S1, S2, yang saat ini semua program beasiswa menginduk ke PT PLN.”

Hal tersebut diungkapkan Karyawan Aji saat menjadi narasumber kuliah umum Program Studi Teknik Industri Program Magister Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII), (11 April 2022).

Selain itu, Joint Research, yang dalam pelaksanaan penelitian dengan memanfaatkan resource dengan fakultas milik institusi pendidikan. Kemudian, “PMMB Program Mahasiswa Magang Bersertifikat, menginduk pada kebijakan PT PLN, lokasi KP/TA, PJB menyediakan lokasi kerja praktek.tugas akhir bagi mahasiswa yang membutuhkan dan obyek penelitian bagi dosen sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Tips bagi leader dalam menggunakan social teknologi secara virtual adalah mengoptimalkan penggunaan multimedia (streaming video langsung atau rapat virtual) agar interaksi virtual terasa lebih realistis.

Dalam kesempatan yang sama Ir. Winda Nur Cahyo, S.T., M.T., Ph.D., IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII, mengatakan “SDM merupakan komponen penting dalam sebuah bisnis dan merupakan penentu faktor produksi dalam sebuah bisnis, baik skala kecil maupun skala besar.”

“Tanpa adanya SDM mumpuni, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik dan tidak dapat mencapai target yang diharapkan. Pengembangan SDM perlu terus dilakukan untuk meningkatkan performa bisnis itu sendiri,” tandas Pakar Manajemen Aset tersebut.

Jerri Irgo