RI Perlu Bangun Logistik Bebas COVID-19

Dr Zaroni, Analis senior Supply Chain Indonesia, Head of Consulting Division Supply Chain Indonesia, Dosen Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII

Supply Chain Indonesia menyarankan pemerintah dan pelaku usaha logistik membangun sistem yang bebas dan aman dari penyebaran virus corona.

Analis senior Supply Chain Indonesia (SCI) Zaroni menjelaskan kunci pembangunan sistem logistik yang bebas Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah mencegah penyebaran virus yang bisa terjadi di sepanjang pergerakan barang pada saat interaksi antar orang.

Hal itu, paparnya, bisa dimulai dari pengirim, petugas loket, petugas gudang, pengemudi, petugas pemrosesan, petugas kargo di bandara atau pelabuhan, petugas pengantaran barang, dan penerima barang.

“Berarti juga menjaga dan mencegah penyebaran virus karena interaksi barang dan petugas dengan peralatan atau material handling equipment,” jelasnya, Rabu (25/3).

Zaroni membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu menjaga kesehatan dan ketahanan fisik dan jiwa setiap insan logistik, termasuk di dalamnya adalah memperhatikan asupan gizi, kebersihan, dan pola hidup sehat.

Insan logistik, lanjutnya, tidak hanya menjaga tetapi juga perlu mencegah, karena bukan hanya masalah diri sendiri yang akan terkena, tetapi juga orang di sekitar yang mungkin lebih lemah kondisi kesehatannya.

Dari sisi pemimpin logistik, dia menyarakan harus mampu memberikan energi yang positif dan harapan agar tim logistik lebih tenang dan tetap produktif.

Sebaliknya, ketua tim logistik juga harus mengurangi energi-energi negatif yang dapat menurunkan kondisi mental timnya.

Sumber: Bisnis Indonesia 26 Maret 2020 – Logistik halaman 7