Pemenang Lomba Dakwah Islamiyah Fakultas Teknologi Industri

Dr. R.M. Sisdarmanto Adinandra, S.T., M.Sc, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengumumkan secara online, hasil penilaian karya-karya peserta Tenaga Kependidikan dan menetapkan 5 pemenang terbaik, lomba kegiatan FTI UII Berdakwah 1441 H (29 Juli 2020).

Lima juara impresif terdiri dari kategori artikel, diraih Azifatul Azifah tentang Sabar atas Ujian yang Menimpa dan Rizky Wirantara tentang menyenangkan hati. Selanjutnya Nur Muhammad Syafi’i di kategori Kaligrafi non Digital dan Kategori poster Hery Suryantoro, dengan judul dakwah bertema Mushola FTI serta Herviana El Diansyah, poster tentang bersedekah.

Secara terpisah Azif mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah, artikel Sabar atas Ujian yang menimpa mendapat apresiasi dari Pimpinan FTI UII,”  ujarnya melalui pesan singkat.

Azifatul Azifah, Tenaga Kependidikan Jurusan Informatika FTI UII menyampaikan bahwa intinya dalam masa pandemi ini kita harus sabar menghadapi ujian yang menimpa kita, karena Allah SWT sedang menguji kesabaran kita.

Allah SWT berfirman, ”Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikit pun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah SWT mengetahui apa yang mereka kerjakan.” (QS Ali Imran [3]: 200).

Janji Allah SWT kepada orang-orang yang memiliki sifat sabar adalah keberuntungan dengan surga dan keselamatan dari api neraka. Allah SWT berfirman, ”Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka pada hari ini, karena kesabaran mereka. Sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang.” (QS Al-Mu’minun [23]: 111).

Saat di tengah bencana yang bertubi-tubi menghampiri kita, kesabaran itu masih tetap menjadi milik kita. “Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersabar atas ujian yang menimpa kita. Dan Allah akan memberikan pahala tanpa batas kepada kita dan kita termasuk orang-orang yang mulia dan masuk ke surganya Allah. Aamiin,” kata Azif

Sementara Tenaga Kependidikan Jurusan Teknik Industri,  Herviana El Diansyah mengatakan poster yang dibuatnya terinspirasi dari “tidak ada alasan bagi orang beriman untuk enggan bersedekah. Sebab, kendati terasakan berat, bersedekah merupakan ciri paling kentara dari keimanan yang sahih.”

Untuk bersedekah, tidak ada ketentuan jenis barangnya (QS 2:267), tidak juga ditentukan jumlahnya (QS 3:134), tidak pula sasaran penggunaannya (QS 2:215).

“Artinya, benar-benar terserah sesuai kondisi orangnya dan sungguh, dengan bersedekah kekayaannya bertambah, berlipat. Ibarat orang mendapat  mangga, maka yang dimakan cukup dagingnya sedangkan bijinya harus disisihkan, ditanam hingga kelak akan menjadi pohon yang berlipat-lipat buahnya,” pungkas El

Jerri