Ahmad Fathan Hidayatullah Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri

Kita telah mengetahui bahwa Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Alquran. Allah Ta’ala berfirman di dalam Surat Al Baqarah yang artinya, ”Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)” (Al Baqarah: 185).

Oleh karena itu di Bulan Ramadhan ini, sudah selayaknya kita sebagai umat muslim untuk lebih fokus di dalam memanfaatkan waktu kita dengan Alquran.

Allah SWT yang menurunkan Alquran untuk dijadikan pelajaran bagi orang yang mau menjadikan pelajaran. Hal ini sejalan dengan firman Allah yang artinya, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-Qamar: 17).

credit photo: Rahmat Miftahul Habib, S.Kom

Di dalam ayat tersebut makna mudah dapat dikategorikan ke dalam 4 hal, yaitu mudah untuk dibaca, mudah untuk dihafalkan, mudah untuk difahami, dan mudah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Ustadz Ahmad Fathan Hidayatullah, ST., M.Cs. di Pengajian Ramadhan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) secara online dengan tema Ramadhan bersama Alquran (6 Mei 2020) juga menukil sebuah hadis shahih riwayat Imam Bukhari yang artinya, “Sebaik-baik orang adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain”.

Terakhir, Ustadz Ahmad Fathan Hidayatullah menegaskan “mengenai perlunya kita sebagai umat muslim untuk senantiasa membaca, mentadaburi, dan merenungi makna-makna ayat yang terkandung dalam Alquran. Dengan tadabur dan merenungi makna Alquran, maka Alquran akan lebih membekas di dalam hati seseorang sehingga akan mudah pula untuk mengamalkan kandungan-kandungannya,” jelas Dosen Jurusan Informatika FTI UII tersebut.

Jerri Irgo