Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN

Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M,T, Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan penandatangan Nota Kesepakatan dengan Disril Revolin Putra, Direktur SDM dan Umum PT Bio Farma (persero).

Penandatangan Nota Kesepakatan FTI UII dengan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang produksi, penelitian dan pengembangan vaksin, antisera, dan produk biologi lainnya, dilakukan di Kantor Pusat PT Bio Farma Jl. Pasteur No.28, Pasteur, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat (5 Rajab 1440 H / 12 Maret 2019)

Program pemagangan ini merupakan program unggulan dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang diinsiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Republik Indonesia dan merupakan salah satu perwujudan program “BUMN Hadir untuk Negeri”.  FHCI yang merupakan Wadah bagi para pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN (link and match universitas dengan industri) melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

PMMB wujud komitmen FHCI untuk menjadi forum pembelajaran guna menghasilkan HC Indonesia yang berdaya saing global dan terbuka untuk Universitas di seluruh nusantara. FHCI mencatat program magang gelombang pertama 2018 telah terdaftar 2.732 mahasiswa dari 25 universitas negeri dan swasta. Peserta magang akan terdistribusi di 68 perusahaan BUMN. Jumlah peserta yang akan terserap tahap I sebanyak 2.000 dari 2.732 permintaan yang masuk. Hingga periode 2020 ditargetkan 20 ribu mahasiwa bisa bergabung dalam program ini.

“PPMB Bio Farma, adalah salah satu upaya mendukung program Pemerintah terkait Pemagangan sebagai Implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri dan merupakan Program Pengayaan Wawasan dan Keterampilan untuk mempersiapkan Mahasiswa masuk ke dunia Kerja. Selain itu dapat meningkatkan kompetensi Mahasiswa dalam menghadapi persaingan global dan juga Link & Match Kurikulum & Silabus antara PTN/PTS dengan Sektor Industri” ujar Disril Revolin Putra dalam sambutannya

Menurut Disril, penandatanganan Nota Kesepakatan ini merupakan bukti kesiapan dan dukungan BIO Farma sebagai BUMN untuk generasi dan hadir untuk negeri, dan kita bercita cita jika indonesia yang kaya ini dapat dikelola oleh SDM Nasional, hasil dari program PMMB ini sendiri.

Program tersebut merupakan sinergi saling menguntungkan karena SDM unggul yang lahir dari program ini akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN. Institusi pendidikan seperti perguruan tinggi yang terlibat dalam program ini akan mendapat manfaat berupa peningkatan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan untuk semakin menyiapkan lulusan mahasiswa memasukdi dunia kerja.

Saat ditemui Reporter UII News disela-sela kegiatan ramah tamah, Prof Hari Purnomo, menyambut baik kerjasama antara BUMN dan perguruan tinggi ini, dan Insha Allah akan menyukseskan program FHCI dan Kementrian BUMN ini, karena “kerja sama yang akan dilakukan diantaranya berkaitan dengan program magang bersertifikat dalam bidang peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan era Industri 4.0. saat ini FTI UII memiliki 5 Prodi S1 dan 2 Prodi S2, berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memenuhi kebutuhan pasar nasional maupun global”

Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D, Dekan FMIPA UII juga tampak hadir dan melakukan penandatangan Nota Kesepakatan yang sama dengan PT Bio Farma.

“Harapan kita bersama dari program ini adalah dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul, berdaya saing, dan siap membangun bangsa dan negara. tidak hanya melaksanakan tugasnya sebagai agen pembangunan nasional, tetapi juga berperan serta dalam mendorong generasi muda di era globalisasi,” pungkas Prof Hari Purnomo.

Jerri Irgo