Program Studi (Prodi) Teknik Kimia, Konsentrasi Teknik Tekstil Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII), bekerjasama dengan Prodi Teknik Busana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Assosiasi Ahli Design Pola Marker Garmen Indonesia (AADPMGI) di Auditorium FTI UII, Lantai 3 Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta (2 dan 3 Maret 2019) menggelar Workshop SDM Fashion di Era Industri 4.0.

Dalyono S.Teks. M.Si, Dosen Prodi Teknik Kimia FTI UII mewakili Ketua Program Studi, dalam sambutannya “berterima kasih atas kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dan menyambut baik kehadiran serta kerjasama AADPMGI dengan salah satu agenda melaksanakan workshop SDM Fashion di Era Industri 4.0”

Peserta yang diundang untuk hadir berasal dari penjuru Tanah Air, selama dua hari berbagi dan menambah wawasan khususnya tren fashion dan desain bersama para pembicara dari kalangan industri.

Hadir sebagai narasumber Ronny, Gemini CAD/CAM System, memperkenalkan diantaranya automatic photo digitizer dan pattern editor. Merujuk dari release Gemini CAD Sistem menyatakan tidak peduli seberapa baiknya teknologi, Nilai riil dengan ditambahnya sentuhan manusia. Gemini CAD Sistem merupakan keseimbangan dengan menempatkan usaha yang sama dalam membangun tim yang kuat seperti yang dilakukan kami dalam mengembangkan produk-produknya.

Selanjutnya L Donny Yulianto, AD Machinery Juki Sewing Machine Indonesia sebagai narasumber kedua, menjelaskan 5 Produk unggulan Juki yang dapat menjawab kebutuhan industri dan dunia pendidikan.

Menurut Fitriansyah, CAD/CAM Engineer dan Ketua AADPMGI “Kegiatan rutin AADPMGI yang ke 2 kerjasama dengan UII. “Dipilih UII karena selain ada konsentrasi Tekstil, juga saat koordinasi dengan Program Studi, selain bersedia untuk kerjasama juga sangat serius, termasuk pengadaan alat pun siap” tuturnya

Sangat beralasan baginya, karena “UII pertama yang lengkap peralatannya diantara Perguruan Tinggi lainnya. UII memiliki plootter, cutting plotter dan software serta 3D. Harapan ke depan, sebagaimana telah direncanakan dengan materi-materi berbeda yang berhubungan dengan fashion dan desain akan menjadi kegiatan rutin,” pungkas Fitriansyah.

Jerri Irgo