visit_kimia-gumboloDekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII), Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc dalam waktu yang terbatas dipaksa mempresentasikan apa yang ada di FTI UII di harapan tim Asesor dalam visitasi Program Studi (Prodi) Teknik Kimia FTI UII, Rabu (4/9/2013). Di ruang sidang Program Pasca Sarjana (PPs) FTI UII, Gumbolo memaparkan secara rinci dari tata pamong di lingkungan FTI UII sampai berbagai fasilitas di lingkungan kampus.

 

Menurut Gumbolo, kesiapan FTI UII dalam setiap agenda visitasi, tidak lepas dari adanya Badan Penjaminan Mutu (BPM) yang sudah dimulai sejak tahun 1999. Pada awalnya berat, tapi akhirnya entah sekedar gurauan atau serius saat ini mulai ada beberapa unit yang menantang untuk diaudit. “Kapan lagi kami di audit lagi ya?”, kelakarnya. Selama pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) seluruhnya menggunakan auditor yang sudah terlatih meskipun dari intern UII sendiri. Perlu diketahui bahwa AMI tahun 2012 di lingkungan UII menempatkan FTI UII ini memperoleh dua kehormatan antara lain sebagai auditor terbaik diterima oleh Wakil Dekan (Wadek) FTI UII, Wahyudi Budi Pramono, ST, M.Eng dan di level Divisi, administrasi terbaik terbaik diperoleh oleh Divisi Administrasi Umum dan Sumberdaya Manusia FTI UII.  Masih terkait audit, Gumbolo menambahkan, Sistem audit meliputi audit manajemen oleh Yayasan Badan Wakaf UII adalah audit keuangan oleh lembaga auditor publik atau eksternal, AMI dan audit kinerja unit.

 

Dalam upaya memperoleh mahasiswa yang berkualitas, FTI UII selalu kerjasama dengan panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pusat secara periodik. Ada beberapa model PMB diantaranya Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), Paper Base Tes (PBT), dan Computer Base Tes (CBT).  CBT merupakan model penjaringan yang favorit, karena tes langsung menggunakan komputer, usai melakukan tes dapat langsung diketahui lulus atau tidaknya. Untuk penjaringan calon mahasiswa melalui PBT dibagi lagi menjadi dua model yaitu reguler terjadwal, ada waktu mendaftar ada waktu tesnya juga sudah ditentukan dan model cepat yaitu calon mahasiswa pada hari Sabtu mendaftar dan hari Ahadnya tes tertulis. Sementara bagi calon mahasiswa yang menginginkan pendaftaran melalui PSB harus memiliki nilai yang tercatat baik di buku raport sejak kelas 2 SLTA dan selalu meningkat.

 

 

 

Berita Terkait:
UII Senantiasa Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Program Studi Teknik Kimia Telah Memenuhi Standard
Tim Asesor Keliling Kampus UII Terpadu

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply