asesor_tkMenurut tim asesor yang dikirimkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Prof. Dr. Taslim Ersam, MS untuk melakukan verifikasi data ke Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII),  “Waktu penilaian melalui desk evaluasi, program studi ini telah memenuhi standard”. Hal ini disampaikannya dalam rangka mengawali visitasi akreditasi untuk Progra Studi (Prodi) Teknik Kimia FTI UII, Rabu (4/9/2013).

 

Menurut Prof Taslim, bahwa borang yang dikirimkan ke BAN PT sudah jelas itu dan beliau yakin itu adalah data yang sebenarnya. Karena semua ini adalah rutinitas yang sudah dicatat dan didokumentasikan dengan baik. “Pada hari ini kami hanya ingin melihat  saja, betulkah apa yang ditulis di borang itu sesuai dengan apa adanya”. “Bisa jadi ada yang lebih baik, tapi belum ditulis, dan hal ini akan menambah nilai”.

 

Masih menurut Prof Taslim, sebagaimana yang disampaikan Warek I UII, bahwa komitmen itulah sangat penting. Sehingga di dunia pendidikan ini, ada 2 fraksi yaitu fraksi di atas sana yang senantiasa mengambil kebijakan dalam dunia pendidikan dan perguruan tinggi sebagai fraksi yang melakukan proses pendidikan. “Kedua fraksi ini harus saling mengingatkan untuk membangun komitmen pendidikan di negeri kita ini”, imbuhnya.

 

Sementara asesor yang lain, Dr. Sanggono Adisasmito menggaris bawahi tentang visi dan misi perguruan tinggi. “Di dunia pendidikan ada lingkup rektor dan prodi”. “Saatnya rektor mengingatkan tentang visi universitas bagaimana senantiasa dari pimpinan pusat dalam hal ini rektorat bisa menanamkan visi universitas ke semua civitas akademika dari tingkat rektorat sampai di bawah Prodi”, terangnya. Dr. Senggono menambahkan, “Perguruan Tinggi harus terus dilakukan upaya untuk memastikan bahwa lulusan dari lembaga ini menjadi lebih baik di masyarakat dari pada kita yang sekarang sudah tua-tua ini”. Di lingkungan teknik kimia bagaimana kedepan dibuat network yang kuat dengan berbagai instansi lain, dan harus terus dibuat jaringan yang lebih bagus dalam asosiasi untuk kemajuan dan kebaikan bersama di seluruh indonesia.

 

“Untuk level manajemen, janganlah dokumentasi ini dirapel saat akan akreditasi saja. Buatlah dokumentasi ini secara rutin setiap hari, misalnya dibuat formulir khusus untuk dosen yang harus diisi rutin setiap waktu melakukan aktifitas, demikian juga bagi para tenaga kependidikan. Sulitnya hanya saat pertama kali, karena di kemudian hari pasti akan menjadi lebih ringan dan sangat memudahkan”, pintanya.

 

 

Berita Terkait:
UII Senantiasa Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Administrasi Umum Terbaik Ada Di UII
Tim Asesor Keliling Kampus UII Terpadu

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply