Aspect-based Sentiment Analysis Data Berbahasa Indonesia
Pariwisata menjadi salah satu industri yang dapat mendukung pertumbuhan perekonomian. Pemesanan hotel dapat dilakukan secara online serta membagikan pengalaman melalui situs online travel. Ulasan tersebut digunakan pemilik bisnis meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan.
“Penelitian dalam melakukan analisis sentimen di setiap aspek menggunakan bahasa Indonesia masih terbilang baru, sehingga berinisiatif membuat Aspect-based Sentiment Analysis (ABSA) menggunakan data hotel berbahasa Indonesia,’’ ujar Siwi Cahyaningtyas, Mahasiswi Program Studi Informatika Program Magister konsentrasi Data Science, secara luring di Gedung KH Mas Mansur (10 Februari 2022)
Siwi mengatakan, penelitiannya terdiri dari empat tahapan: pengumpulan data, preprocessing, klasifikasi aspek, dan sentimen. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik scraping pada beberapa situs hotel.
“Data tersebut kemudian diberikan label yang diverifikasi oleh seorang ahli dalam bidang perhotelan,’’ kata Siwi didampingi Izzati Muhimmah., S.T., M.Sc., Ph.D, Ketua Program Studi Informatika Program Magister FTI UII dan Dhomas Hatta Fudholi., S.T., M.Eng., Ph.D., Sekretaris Program Studi Informatika Program Sarjana FTI UII
Dikatakan Siwi, proses klasifikasi yang dilakukan di dalam penelitian ini menggunakan perbandingan beberapa metode deep learning (RNN, LSTM, GRU, BiLSTM, Attention BiLSTM, CNN, CNN-LSTM, dan CNN-BiLSTM). Pada klasifikasi aspek, penelitian ini menggunakan enam buah kelas aspek di antaranya adalah harga, fasilitas hotel, kamar, lokasi, pelayanan, dan restoran.
Penelitian ini, kata Izzati Muhimmah, dapat diterapkan oleh pemilik hotel untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan tamu. Memudahkan manajemen hotel untuk memperbaiki kekurangan yang ada.
Sementara Hatta mengatakan “penelitian tersebut memberikan data yang mudah dipahami oleh stakeholder hotel. ‘’Jadi semakin mudah untuk memperbaiki kualitas hotel dengan penelitian yang dilakukan Siwi ini.”
Jerri