Expo Big Project Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi 2017 dengan tema Ergonomic for Special People in Tourism. Special People dalam konteks ini adalah para penyandang difabilitas, ibu hamil, anak-anak, dan lanjut usia. Even ini merupakan salah satu rangkaian yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Rekayasa Sistem Kerja & Ergonomi (RSKE).

Hal tersebut diungkapkan Chancard Basumerda, S.T, M.Sc, Dosen Program Studi Teknik Industri FTI UII sebagai salah satu Dosen Pengampu RSKE, saat ditemui di Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta (13 Juni 2017).

“Alhamdulillah, sebanyak 64 stand hadir pada Expo Big Project Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi (RSKE), yang diselenggarakan pada Selasa, 13 Juni 2017 di Hall Fakultas Teknologi Industri UIIm, Gedung KH Mas Mansur” ujar Chancard.

Event ini merupakan even tahunan yang telah diselenggarakan dari tahun ke tahun dengan tema yang berbeda di setiap tahunnya. Sejak awal semester, mahasiswa telah diwajibkan membentuk kelompok yang terdiri dari 3 hingga 5 orang mahasiswa.  Tugas setiap kelompok merumuskan masalah yang akan diangkat berdasarkan tema Big Project. Secara terjadual, mahasiswa diharuskan untuk melakukan konsultasi progress kepada asisten pembimbing masing-masing sebagai bentuk pendampingan di luar kelas. Di samping expo, pada tanggal 12 – 15 Juni 2017 seluruh mahasiswa akan melakukan presentasi Big Project di hadapan dosen pengampu dan juri.

Event ini memiliki banyak ide yang bermanfaat untuk masyarakat luas, khususnya bagi special people yang merupakan tema tahun ini. “Saya berharap kedepannya expo dapat dilakukan di ranah yang lebih umum sehingga masyarakat juga mengetahui ide-ide mahasiswa dan dapat berlanjut untuk dikembangkan idenya” tuturnya

Kedepannya, dari 7 kelas RSKE akan diambil masing-masing 1 kelompok dari setiap kelas untuk masuk ke Final Big Project pada Jumat, 16 Juni 2017. Selain akan diambil 3 juara terbaik, akan ada kategori juara best stand dan best prototype. “Output dari mata kuliah RSKE sendiri adalah proposal Program Kreativitas Mahasiswa V Bidang yang akan disubmit untuk tahun pendanaan 2018 dan paper terbaik akan dikirimkan ke International Conference” ujar Chancard Basumerda.

Yulfi Kusuma, Salah seorang mahasiswa peserta Expo, mengaku “senang dengan adanya Big Project RSKE karena mahasiswa mampu mengasah kreatifitasnya dan juga memberikan karya yang bermanfaat untuk masyarakat”.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply