Mahasiswa Prodi Teknik Kimia FTI UII Belajar Teknologi Keramik di PT Nuansa Porcelain

Mahasiswa Prodi Teknik Kimia FTI UII melakukan kunjungan industri ke PT Nuansa Porcelain Indonesia di Ampel Boyolali, Jawa Tengah. Perusahaan yang memproduksi dan memasarkan barang-barang keramik dan porcelain yang berkualitas tinggi. Barang yang diproduksi berupa Figurin, Tile, Tableware, dan Trophy untuk keperluan local dan eksport, sudah mulai berproduksi sejak tahun 2008.

 

“Produknya sekarang sudah banyak dipakai di hotel hotel berbintang, restaurant ternama, resort, masjid dan sebagainya.  Produk trophy porcelain menjadi salah satu andalan produknya, hampir semua  kejuaraan golf Nasional dan Internasional memakai produk Nuanza” jelas Oka Dwi Wahyu Widyanarka sebagai Marketing dan Sample di ruang kerjanya (23 Mei 2017)

 

Belajar teknologi keramik di PT Nuanza Porcelain_3

Di dalam ruang pameran, mahasiswa yang berjumlah 20 orang melihat berbagai macam contoh produk yang selama ini telah dipesan di PT.Nuansa porcelain. “PT Nuanza merupakan peranakan dari PT. Pearland yang khusus membuat porcelain doll dengan lisensi eksklusif dari Disney Land. Bedanya dengan PT. Pearland, PT. Nuansa melayani pemesanan dari dalam negeri, seperti souvenir untuk pertemuan antar Negara, souvenir turnamen olahraga nasional, ornamen dinding dan hiasan-hiasan meja” imbuhnya.

 

Selain di ruang pameran, mahasiswa juga ke ruang produksi. Di sana mahasiswa melihat langsung proses pembuatan benda seni porselen. Dimulai dari pembuatan master bentuk, yang melibatkan seniman-seniman handal yang mampu merubah gambar dua dimensi menjadi bentuk tiga dimensi. Dari master bentuk tersebut kemudian dibuat cetakan agar nantinya bisa dibuat produk dengan jumlah banyak.

 

Mahasiswa yang didampingi Tintin Mutiara., S.T., M.Eng. Dosen Teknik Kimia “Alhamdulillah, kami belajar banyak salahsatunya tentang proses pencampuran warna sehingga diperoleh warna yang sesuai pesanan”.

 

Risky

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply