Tytan Unisi, raih Juara KKCATBN 2016

Robot Kapal untuk Rescue (Mitigasi Bencana Nasional) adalah tema Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCATBN) 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia, bertempat di kampus Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dimulai Selasa 29 November berakhir Kamis 1 Desember 2016.

Dalam releasenya yang dikirimkan Fariz Alfian, salah satu anggota Delegasi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menyampaikan “UII mengirimkan delegasi dengan nama Tytan Unisi, mempunyai keunggulan berupa kapal ringan karena terbuat dari komposit, stabil saat bermanuver dan memiliki catatan waktu yang cepat. Selain itu juga, kapal Tytan Unisi mengedepankan torsi sehinga saat mencapai top speed kapal dapat melaju sangat kencang dan cocok untuk penyelamatan pertama saat ada bencana di air” ujarnya.

Terdapat 3 kategori, yaitu Electric Remote Control (ERC), Fuel Engine Remote Control (FERC) dan Autonomous. Saat uji adaptasi lintasan kapal Tytan Unisi yang didampingi Rahmat Riza, ST., M.Sc.ME, Dosen Program Studi Teknik Mesin FTI UII ini, mengalami kecelakaan, yaitu menabrak tebing. Bagian kapal yaitu ruder mengalami sobek, namun dengan kesiapan Tim dan crew untuk bertanding masalah itu dapat teratasi. Setelah perbaikan, kapal pun kembali turun ke air.

Perlombaan dilaksanakan dalam keadaan hujan deras, namun saat uji kecepatan, kapal team tytan unisi saat menempuh jarak 100 meter hanya membutuhkan waktu 10 detik. Penilaian manuver dengan melewati bola-bola lintasan memperoleh capaian waktu 48 detik.

“Alhamdulillah, dengan capaian tersebut, saat pengumuman, Tytan Unisi meraih Juara ke 3 dalam kategori ELektronik Remote Controls (ERC)” pungkas Fariz Alfian.

Jerri Irgo

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply