FTI UII Realisasi Kerjasama Dengan UTP Malaysia

FTI_UII-TAMU_MALAYSIA-0Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) mantapkan kerjasama nyata dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia. Upaya nyata ini ditengarahi dengan dilaksanakannya diskusi serius dalam rangka mencari rumusan terbaik terkait kerjasamanya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dan manajemennya dengan berkelompok-kelompok. Diskusi yang berlangsung di Auditorium FTI UII pada selasa (21/01/2014) itu, setidaknya diikuti lebih dari 40 peserta yang dibagi dalam 5 kelompok yaitu pimpinan perguruan tinggi, intelligent city, petroleum, fundamental sains dan staft/strudent exchange.
Dari UTP Malaysia hadir lima orang delegasi yang dipimpin oleh Prof. Halabi bin Hasbullah. Prof Halabi menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan yang kali kedua ke UII, ”yang artinya kami pernah ketemu dengan beberapa dosen di sini”, ungkapnya. “Kepada FTI UII kami ucapkan terima kasih karena bersedia menerima kunjungan kami”, imbuh halabi.  Selanjutnya beliau sangat berharap  kunjungan kali ini bisa lebih memberikan hasil dari pada kunjungan yang sebelumnya. “Harapan kami program ini tidak perlu dipikir-pikir terlalu panjang, tapi langsung melakukan aksi untuk melakukan riset, meskipun dari sisi pemerintahan terjadi sentimen-sentimen tertentu yang membuat komunikasi Indonesia–Malaysia kurang harmonis. “Semoga kerjasama yang dijalin ini menjadi pembuka jalan hubungan Indonesia–Malaysia semakin lebih harmonis.” tutupnya.
Sementar Dekan FTI UII, Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc menanggapi kehadiran rombongan tamu dari UTP Malaysia dengan gembira. Dengan semangat Gumbolo mengucapkan selama datang kepada delegasi UTP.  Selanjutnya Gumbolo sedikit menceritakan tentang FTI UII, fakultas yang gedungnya berada paling pinggir diantara dari pada fakultas lainnya di lingkungan kampus terpadu UII.  “Tidak kenal maka tak sayang”, ungkapan ini digunakan Gumbolo untuk memperkenalkan seluruh personil UII yang hadir di tempat itu yang ternyata tidak hanya dari FTI UII saja, namun hadir beberapa pimpinan dan dosen dari luar FTI UII seperti MIPA UII dan FIAI UII.
Kami sangat gembira menerima kunjungan dari UTP Malaysia, senada dengan Prof. Halabi, Gumbolo juga berharap segera direalisasi kerjasama, joint reserch, student excenge, staft exchange, dan lain sebagainya. “Kapanpun kami siap untuk melakukan kolaborasi baik itu di bidang akademik maupun bidang-bidang lainnya”. “Kami juga banyak dosen yang alumni Malaysia”, paparnya. “Semoga segera MoA yang telah ditanda tangani membawa hasil untuk kemajuan bersama di masa yang akan datang”, Gumbolo berharap sembari menutup sambutan.
Usainya seremonial dilanjutkan diskusi dalam kelompok hingga sore hari sebagaimana disebutkan diatas. Pembagian kelompok diskusi dipandu langsung oleh dosen tetap FTI UII, Izzati Muimmah, ST, M.Sc. Ph.D.

 

Eko Sukanto

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply