Kholid Haryono : Pelatihan ICT Mis Use

“Sebagai akademisi yang memiliki tanggungjawab kepada masyarakat, dosen jurusan teknik informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) dalam skema pengabdian kepada masyarakat menyelenggarakan kegiatan penyusunan modul dan materi ajar interaktif berkaitan tema ICT Mis Use (penyalahgunaan TIK) yang nantinya akan digunakan oleh anggota relawan TIK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”, ujar Kholid Haryono.
Kholid Haryono selaku ketua Relawan TIK Wilayah Provinsi Yogyakarta menyatakan “Workshop dilakukan bersama-sama pengurus Relawan TIK di kampus terpadu Gedung Mas Mansur FTI UII (24-25/01/2014). Hasil dari workshop diimplementasikan dalam pelatihan ICT Mis Use dan Enterprener Online kepada Santri Pondok Pesantren Anwar Futuhiyah Yayasan Daarul Yatama desa Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta (26/01/2014)”.
Relawan TIK D.I.Y sendiri terbentuk atas inisiasi Program Studi Teknik Informatika FTI UII dalam rapat kerja Relawan TIK Nasional di Surabaya (05/2013). Sebagai lembaga swadaya masyarakat yang beranggotakan para penggiat TIK diseluruh Indonesia tanpa melihat background nya apa. Secara umum anggota relawan TIK terdiri dari akademisi (dosen, guru, presenter, peneliti), praktisi, birokrat (lembaga pemerintah dan pengusaha) dan siapa saja yang peduli dengan peningkatan produktifitas dan penegahan ICT Mis Use terkait pemanfaatan TIK.
Kholid Haryono menambahkan “kebutuhan modul terutama bahan ajar interaktif dalam bentuk slide, kumpulan film, animasi maupun gambar-gambar yang dapat bercerita banyak kepada masyarakat merupakan kebutuhan penting bagi anggota relawan TIK, mengingat anggota relawan TIK bukan hanya berasal dari kalangan akademisi dan guru, tapi juga para praktisi yang ada diantaranya memiliki keterbatasan berbicara di depan umum, maka dengan modul dan bahan ajar interaktif diharapkan anggota relawan TIK dapat membawakan materi secara menarik melalui modul yang dibuat oleh fasilitator dosen-dosen Teknik Informatika UII dalam skema pengabdian masyarakat tersebut”.
“Pengabdian bukanlah merupakan suatu bentuk pengorbanan, pengabdian adalah sebuah kehormatan  “ pungkas Kholid Haryono  mengutip quote Anis Baswedan.

 

Jerri Irgo

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply