Workshop Publikasi Internasional di FTI UII Peserta Membeludak

Workshop Publikasi Internasional di FTI UII Peserta Membeludak

Ada yang berbeda di Auditorium Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII), pada Selasa (25/02/2013). Auditorium dipenuhi meja bundar yang ditata rapi, seperti jamuan makan malam. FTI UII menyelenggarakan  workshop publikasi internasional untuk dosen dan mahasiswa pascasarjana. “Ini adalah salah satu anak tangga yang harus dilalui dalam rangka menempatkan Indonesia dalam peta akademik global”, ungkap Fathul Wahid, panitia workshop.
Tidak kurang dari 85 peserta mengikuti workshop yang dipandu oleh Prof. Maung K. Sein dari University of Agder, Norwegia, bersama dengan Fathul. Peserta tidak hanya berasal dari UII, tetapi juga tujuh perguruan lain di sekitar Yogyakarta, dan bahkan dari Jawa Timur.  “Padahal saya hanya umumkan di grup dalam Facebook tiga hari menjelang workshop untuk mengudang peserta dari luar UII”, terang Fathul.
Beragam materi didiskusikan dalam workshop yang penuh dengan interaksi antara fasilitator dan peserta. Materi tersebut meliputi bagaimana menulis artikel yang baik dan tidak membosankan, dan bagaimana mengirimkan artikel ke jurnal dan mengelola proses revisi. Selain itu, juga didiskusikan materi tentang bagaimana memilih outlet publikasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply