Kopertis 5 : Teknik Industri Dukung Pemerataan Jumlah Game Developer

Dunia software semakin berkembang dengan adanya cloud computing system, hal ini juga terjadi dalam dunia game sehingga orang dengan mudah dapat memainkan game melalui browser yang dimilikinya tanpa harus menginstal karena membutuhkan memory yang cukup besar. Bahkan sekarang banyak yang dapat diakses melalui mobile.

 

Jumlah developer dan publisher game online di Indonesia juga terus berkembang mengikuti pasar pengguna. Sayangnya penyebarannya belum merata, sebagian besar masih terkonsentrasi di daerah Jabodetabek.

 

Melihat pangsa pasar game dan mobile application yang semakin meningkat, kesenjangan tersebut harus segera ditanggulangi. Laboratorium Sistem Manufaktur Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII merespon hal itu dengan mengadakan kompetisi desain produk bertema “Innovation Mobile Application Based on Cloud Computing System With Engineer Thinking ” pada Kamis, (13/12) di kampus terpadu UII.

 

Terdapat Lima konsep game yang ditawarkan meliputi Manufacturing-Based Mobile Game, Mobile Location-Based E-Commerce Platform, Mobile Location-Based Information Service App with Cloud Computing Platform, Mobile Social Media Gaming with GPS dan Product Customization for Mobile Solution.

 

Setelah melalui babak kualifikasi, dewan juri menjaring Enam finalis yang berhak maju mempresentasikan produknya. Tim CATALAND dari UGM berhasil menduduki juara 1 dan Tim Social Government dari UII meraih juara 2. Sementara tim Tripgather dari UGM meraih menempati juara 3.

 

Kaprodi Teknik Industri  FTI UII, Drs Ibnu Mastur, MSIE  mengatakan lomba desain ini adalah ajang kompetisi mahasiswa yang mempunyai kapabilitas khususnya dalam bidang desain produk, juga untuk melakukan riset desain untuk menghasilkan aplikasi berbasis cloud computing yang mempertimbangkan segi engineer sistem.

 

Ia berharap kegiatan dapat menjadi sarana pengembangan minat masyarakat tentang ilmu desain dan sebagai wadah menjalin ajang solidaritas antar mahasiswa.

 

Diberitkan : Kopertis 5

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply