Tim Cataland UGM Juarai Inception 2012

TeRAS, Yogya: Tim Cataland UGM Yogyakata, terdiri dari Bayu Budi Prasetyo mahasiswa Fakultas Geografi UGM angkatan 2009 dan Indra Gunawan Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Prodi Akuntansi angkatan 2009, meraih Juara I sekaligus uang tunai Rp 11 juta pada kegiatan Inception 2012 yang diselenggarakan Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) Yogyakarta.

 

Bayu menyatakan, produk yang dilombakan adalah Cataland atau Catalog Android yang mempunyai keunggulan karena menggunakan augmented reality yaitu penggabungan antara gambar dua dimensi berformat PNC dengan keadaan nyata.

 

Pada kegiatan itu, Juara 2 diraih Tim Social Government dari FTI UII dan Juara 3 disabet Tim Tripgather UGM. Finalis lain, Tim Mix Free Desert dari Mercubuana Jakarta, serta Tim Progammer dan Tim Wumbology keduanya dari Institut Teknologi Telkom Bandung.

 

Ketua Prodi Teknik Industri FTI UII Yogyakarta, Drs Ibnu Mastur MSIE mengemukakan, Inception pada 2012 ini mengangkat tema tentang inovasi pengembangan mobile application berbasis cloud computing.

 

“Dalam hal itu terdapat lima konsep game yang ditawarkan ke peserta, meliputi Manufacturing-Based Mobile Game, Mobile Location-Based E-Commerce Platform, Mobile Location-Based Information Service App with Cloud Computing Platform, Mobile Social Media Gaming with GPS, dan Product Customization for Mobile Solution,” jelas Ibnu.

 

Mastur juga menyampaikan, tema kegiatan Inception 2012 adalah ‘Innovation Mobile Application Based On Cloud Computing System With Engineer Thinking’, yang digelar di Hall FTI UII, 13 Desember 2012.

 

Ia menambahkan, lomba desain itu dimaksudkan sebagai ajang kompetisi mahasiswa yang mempunyai kapabilitas khususnya dalam bidang desain produk. Pun, untuk melakukan riset desain guna menghasilkan aplikasi berbasis cloud computing yang mempertimbangkan dari segi engineer sistem.

 

Inception 2012 juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan minat masyarakat tentang ilmu desain. “Sekaligus sebagai wadah menjalin ajang solidaritas antar-mahasiswa melalui kompetisi tersebut. (AR)

 

Diberitakan di : Teras Yogyakarta

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply