FTI UII dan FT UB, Kerjasama Pengembangan Kualitas SDM

Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, MT., IPU., ASEAN Eng.: Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) dan Prof. Ir. Hadi Suyono, S.T., M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur sepakat bekerjasama dalam bidang Peningkatan Sumberdaya Manusia, Pengembangan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Penandangan kesepakatan dilaksanakan di Ruang 4.03 FTI UII, Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta (25 Mei 2022).

Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo mengatakan “maksud kerja sama ini adalah untuk membina hubungan kemitraan antara Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dengan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia dalam rangka Pembinaan Perguruan Tinggi.”

Adapun “tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan para pihak dalam Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan kegiatan penunjang lainnya,” tuturnya.

Bentuk kerja sama ini adalah kerja sama antar institusi dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi atas dasar hak dan kewajiban PARA PIHAK sesuai dengan tujuan masing-masing dalam batas-batas kemampuan dan tanpa mengurangi tugas dalam meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan kegiatan penunjang lainnya.

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi: Pendidikan dan pengajaran yaitu 1) Pengembangan kurikulum; 2) Perencanaan dan pengembangan laboratorium; 3) Pelatihan tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)/laboran/teknisi; 4) Credit Earning/Transfer Kredit; 5) Pelaksanaan kegiatan dalam lingkup Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)

Selanjutnya Peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM); Peningkatan kerja sama dalam bidang penelitian bagi dosen dan mahasiswa; Peningkatan kerja sama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat; Peningkatan kemampuan tenaga pengajar atau mahasiswa dalam berbagai bidang; Peningkatan kerja sama dalam kegiatan ilmiah baik seminar, workshop/pelatihan, pengelolaan jurnal dan kegiatan ilmiah lainnya baik skala nasional maupun internasional serta kKegiatan swakelola, penggunaaan dan peningkatan kepakaran, dan kegiatan penunjang lainnya antara para pihak.

Jerri Irgo