Belajar melalui Kunjungan Industri, Mengapa Tidak?

“Implementasi Metode Pembelajaran Aktif (Active Learning Method) pada Mata Kuliah Operasi Teknik Kimia II”. Demikian judul Hibah Pengajaran BPA untuk Semester Genap TA 2015/2016 dengan salah satu programnya berupa kunjungan industri dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa terhadap ilmu yang mereka terima di bangku kuliah dan aplikasinya di industri.

 

Rombongan dari Prodi Teknik Kimia FTI UII yang berjumlah sekitar 90 orang mahasiswa dari dua kelas Operasi Teknik Kimia (OTK) II, Kelas D dan E, dengan didampingi oleh lima orang dosen telah melakukan kunjungan industri ke Pertamina Refinery Unit IV Cilacap pada tanggal 5 April 2016. Sebagai kilang dengan kapasitas terbesar di Indonesia (370.000 barrel per hari), rasanya tidak salah jika Pertamina RU IV dipilih sebagai lokasi kunjungan industri dan yang terpenting adalah ilmu-ilmu teknik kimia banyak ditemukan aplikasinya di sini. Transfer massa yang dipelajari secara mendalam pada mata kuliah OTK II dapat ditemukan aplikasinya pada beberapa peralatan di kilang ini, misalnya menara distilasi, absorber, stripper dan lain-lain.

 

Dinginnya udara pagi dini hari tak mengendurkan semangat mahasiswa untuk melakukan kunjungan industri ke Cilacap. Pukul 03.30 WIB, rombongan pun bertolak dari Boulevard Kampus Terpadu UII menuju Cilacap. Sesampainya di lokasi, rombongan diterima oleh Area Manager Pertamina, Suyanto, di Gedung Pertemuan Persatuan Wanita Patra di Jl. Ir. H. Juanda Kompleks Pertamina Gunung Simping, Cilacap.

 

Sholeh Ma’mun selaku ketua delegasi Prodi Teknik Kimia FTI UII sedang memberikan sambutan didampingi Suyanto (dua dari kanan), process engineer dan staf HR Pertamina RU IV.

 

Hasil dari kunjungan industri ke Pertamina RU IV Cilacap ini akan digunakan sebagai bahan untuk Proyek Mandiri oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah OTK II. Untuk mengerjakan project ini, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok di bawah bimbingan dosen pengampu. Setiap kelompok diwajibkan untuk memilih topik Proyek Mandiri yang sepenuhnya diserahkan pada tiap-tiap kelompok setelah mereka melakukan kunjungan industri ke Pertamina RU IV Cilacap. Salah satu tugas yang harus diselesaikan adalah membuat simulasi terhadap unit proses yang ditinjau menggunakan MATLABatau SCILAB. Hasil dari Proyek Mandiri ini berupa laporan, poster dan maket unit proses yang ditinjau. Selanjutnya poster dan maket unit proses tersebut akan dipamerkan dan dilombakan.

 

Sekitar 95 delegasi Prodi Teknik Kimia FTI UII sedang mendengarkan penjelasan dari Pertamina RU IV Cilacap. Duduk di jajaran depan (kedua dari kiri ke kanan): Ir. Sukirman, M.M., Ir. Bachrun Sutrisno, M.Sc., Tintin Mutiara, S.T., M.Eng. dan Lilis Kistriyani, S.T., M.Eng.

 

Rombongan berpose bersama di depan tugu Pertamina di sekitar Kantor Pusat Pertamina RU IV Cilacap setelah melakukan kunjungan ke area pabrik.

 

 

Contributor: Sholeh Ma’mun

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply