PSIMed, The future of Health Informatics

Kaliurang, (UII News). Assoc Prof. Dr. Mohd Khanafi Abd Ghani,  Universiti Teknikal Malaysia Melaka menjadi Dosen tamu pada kegiatan Kuliah Umum “The future of Health Informatics” yang diselenggarakan Pusat Studi Informatika Medis (PSIMed) FTI UII  (1 Rabiul Tsani 1437 H  /12 Januari 2016)

 

Kegiatan yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Chairul Saleh, M.Sc, Guru Besar FTI UII ini diikuti oleh Dosen di lingkungan FTI serta Mahasiswa S2 Program Magister Teknik Informatika konsentrasi Informatika Medis, bertempat di Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta.

 

Kuliah umum yang disampaikan dalam bahasa Inggris oleh Dr. Khanapi menjelaskan tentang “Sepuluh Besar Kasus Kematian di Malaysia, yaitu: (i) sistem sirkulasi, (ii) sistem pernafasan, (iii) penyakit parasit dan infeksi, (iv) neoplasm, (v) sistem pencernaan, (vi) injury, poisoning, (vii) sistem genitourinary, (viii) kondisi berasal dari masa perinatal, (ix) penyakit endocrine, nutrional, dan (x) sistem syaraf”.

 

“Dari daftar tersebut nampak ada kesamaan dalam hal kasus kesehatan di antara Indonesia dengan Malaysia, meskipun prioritas kegawatannya berbeda” ujarnya.

 

Kondisi Eksisting, terdapat berbagai permasalahan dan tantangan kesehatan tersebut diupayakan diatasi melalui sumbangan teknologi dalam hal (i) menangani rekam medis secara ubiquitous, (ii) pencegahan kesalahan peresepan obat, dan (iii) mengurangi kejadian tuntutan hukum akibat kesalahan diagnosis.

 

“Selain aspek teknis, arahan bagi peneliti untuk riset juga hendaknya melakukan observasi atas perubahan gaya hidup dan memahami perubahan tuntutan dari pasien” pungkasnya.

 

Jerri Irgo

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply