DOSEN INFORMATIKA DIDORONG BERPERAN AKTIF DALAM PENELITIAN

“Saya merasa terbantu, karena dengan adanya acara seperti ini bisa lebih terarah dalam menetukan penelitian, apalagi bagi dosen baru seperti saya.” ujar mas Chandra Kusuma Dewa, S.Kom., M.Cs. salah satu dosen muda informatika yang saat itu hadir dalam acara Cluster Penelitian di Auditorium Fakultas Teknologi Industri UII (21/1).

 

Cluster penelitian ini mengimplementasikan kerjasama penelitian baik sesama dosen, dosen dengan mahasiswa atau dengan pihak eksternal, baik dalam bentuk dana maupun tenaga dan pikiran. Melihat jurusan lain memiliki program sejenis yang sudah berjalan, jurusan informatika memulai langkahnya dengan membentuk 6 kelompok dosen untuk membuat peta jalur penelitian di bidang yang telah disepakati. Mahasiswa juga bisa ikut andil dalam mensukseskan penelitian bersama ini, dengan mengajukan penelitian kepada kelompok dosen, untuk selanjutnya disesuaikan dengan peta jalur penelitian yang telah direncanakan. Program ini tidak hanya sekedar meneliti, akan tetapi juga sebagai acuan dosen untuk melakukan sebuah penelitian dan sebagai sarana pengembangan proposal penelitian bersama.
 

“Selama ini, belum semua dosen berperan aktif dalam penelitian” ujar Ibu Izzati Muhimmah, S.T., M.Sc., Ph.D. ketua pelakasana acara Cluster. Beliau berharap dengan acara Cluster ini sebagai pondasi awal untuk memberikan wadah kepada dosen untuk lebih berperan lebih aktif dengan menentukan target dan jadwal rutin untuk melakukan penelitian. “Untuk jangka dekat ini baru sebatas konsep pembuatan rancangan selama 1 periode jadi belum ada hasil, nanti dilihat tahun depan karena acara ini setahun sekali akan di evaluasi” tambah bu Izzati menjelaskan. Sehingga untuk tahun depan bisa lebih dikembangkan baik dalam segi produk penelitian, publikasi, atau lain sebagainya.

 

(Ainun Naim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply