LEM FTI UII Selenggarakan Kajian Keteknikan

fti_uii-LEM_FTI_UII_Dian_JanariLembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) melaui bidang Kajian dan Strategis (Kasrat) mengadakan kajian keteknikan di Kampus FTI UII pada Jumat (17/1/2014). Kajian ini bertema “Peran dan Fungsi Seorang Engineering” dengan pembicara dosen Teknik Industri yaitu Dian Janari, ST., MT.

 

Beliau menyampaikan bahwa seorang engineering ketika ada masalah tidak mudah mengeluh, mencari solusi dari masalah menggunakan logika berpikir dan mencari penyebab kesalahan bukan dengan mencari kesalahan dari orang lain melainkan dari introspeksi diri. Beliau juga memaparkan bagaimana seorang chemical engineering ketika bekerja pertama kali dan masuk dunia kerja di bidang perencanaan proses, proses di sini adalah proses regulasi menjadi produk jadi, misal pipa yang cocok untuk suatu produk. Beda halnya dengan Teknik Elektro yang lebih fokus pada manufacture dan sistem perawatan, Teknik Informatika yang lebih fokus pada jaringan sistem informasi, Teknik Industri yang berfokus pada DPPC serta Teknik Mesin yang berfokus pada perakitan mesin dan perawatan mesin.

 

Beliau juga menambahkan contoh seorang sarjana S1 yang hanya menunggu satu minggu untuk mendapatkan pekerjaan sedangkan seorang lain yang IPK-nya tinggi namun untuk mendapatkan pekerjaan menunggu satu tahun. Hal ini dapat terjadi karena faktor soft skill yang masih kurang, terlalu memilih pekerjaan yang sesuai dengan apa yang dia inginkan, atau bekerja belum selesai namun ingin bekerja di perusahaan lain yang lebih besar keuntungannya.

 

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam kajian tersebut adalah untuk selalu fokus pada apa yang dikerjakan. Selain itu juga mencari sebanyak mungkin faktor-faktor pendukung agar peran dan fungsi dari seorang engineer tepat sasaran.

 

IRVAN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply