Outbond FTI UII: Bersatu Dalam Kebersamaan

fti-outbond-1Dalam upaya menjadikan seluruh pegawai yang ada di lingkungannya kompak dalam menapaki setiap jengkal rangkaian pekerjaan yang menjadi tugas masing-masing, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) selenggarakan outbond pada hari Sabtu (30/11/2013).  Outbond yang melibatkan hampir dua ratus peserta yang terdiri seluruh pegawai yang ada di FTI UII dari tenaga edukatif maupun tenaga kependidikan yang ada mengambil tempat di desa wisata pendidikan, lingkungan dan budaya ‘Dolan Ndeso Boro’ di wilayah Kulon Progo.

 

Rangkaian kegiatan outbond sehari penuh diawali sejak pagi hari pukul 06:00 peserta kumpul di kampus melakukan persiapan seperlunya dan tepat pukul 06:30 dengan 4 bus UII dan beberapa mobil berangkat menuju lokasi. Setelah menempuh perjalanan sekitar 45 menit, rombongan mulai berdatangan di lokasi dan selanjutnya dimulailah berbagai permainan yang sudah direncanakan. Permainan yang ada dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu sebelum shalat istirahat dan shalat dhuhur permainan kering yaitu melakukan berbagai permainan yang tidak mengandung air.  Setelah istirahat siang tapatnya pukul 13:00 sampai sore dilakukanlah berbagai permainan basah.  Di kesempatan inilah seluruh peserta wajib basah karena harus ‘nyemplung’ di kolam dan selokan untuk melakukan berbagai permainan yang memang diadakan di dalam air.

 

Salah seorang pemandu, Kisdi sambil kelakar menyampaikan “Di tempat ini bapak-ibu, yang mudah-mudah itu harus dibuat sulit”, pesannya sambil memberi instruksi dalam permainan. Memang demikian adanya setiap permainan yang dilakukan jadi kebalikan dari kenyataan yang sebenarnya. Kalau di lingkungan pekerjaan sehari-hari bagaimana membuat mudah setiap kesulitan yang ada, tidak demikian dalam berbagai permainan dalam outbond.  Namun demikian hal ini mengandung makna dan manfaat yang diharapkan oleh panitia penyelenggara bahwa usai menyelenggarakan outbond akan muncul ide-ide baru yang segar untuk menyatukan sudut pandang sehingga dalam pekerjaan bias fokus, bersatu dalam kebersamaan.

 

Ketua panitia, Ari Sujarwo menyampaikan harapannya baik secara institusi maupun pribadi target yang hendak dicapai dalam kalimat singkat ‘bersatu dalam kebersamaan’ bisa dengan mudah tercapai dengan menyadari dan mengambil pelajaran dalam berbagai permainan yang dilakukan. Hal senada juga disampaikan Wakil Dekan FTI UII, Wahyudi Budi Pramono, ST, M.Eng sembari menambahkan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang dengan semangat mengikuti kegiatan outbond yang diselenggarakan.  Dalam kesempatan menyampaikan penutupan acara Wahyudi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Bank Mua’amat yang ikut berpartisipasi membantu penyelenggaraan outbond dan berbagai kegiatan di lingkungan FTI UII.

 

Marketing dan perwakilan Bank Muamalat, Agus menyampaikan juga rasa syukur dan terima kasih diberi kesempatan bisa berpartisipan di lingkungan FTI UII. Lebih dari itu melalui Agus, bank Muamalah memberikan doorprize berupa tabungan kepada 2 peserta dan sejumlah lainnya yang nilainya lumayan tinggi.  Doorprize yang jumlahnya lebih dari 10 jenis dari bank Muamalat menambah 55 jenis doorprize yang sudah disiapkan panitia.  Alhamdulillah meskipun badan pegel-pegel namun akhirnya pikiran menjadi tambah segar usai outbond.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply