LEM FTI UII Raih Rekor MURI

muri-1LEM FTI UII melalui Exploraphoria 2013 berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) No.5947/R.MURI/V/2013 pada Kamis (18/4) pukul 10.00 wib “Pembuatan Mozaik Foto Gedung Fakultas Terbesar” 8m x 15m sejumlah 50.000 foto, diresmikan oleh Notaris DR. Winahyu Erwiningsih, SH., M.Hum, di area parkir barat Fakultas Teknologi Industri, disaksikan langsung oleh Dekan FTI UII Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc. Raihan Rekor MURI ini merupakan rangkaian terakhir dari Exploraphoria 2013.

 

Sebanyak 50.000 foto kegiatan mahasiswa FTI UII masing-masing berukuran 4×6 cm disusun membentuk backdropberdimensi 8×15 meter yang menampakkan view gedung FTI UII. Pembuatan mozaik ini dikerjakan selama empat hari, dimulai sejak 14 April 2013 siang dan berhasil diselesaikan pada 18 April 2013 dini hari. Pengerjaan dilakukan sepanjang pagi hingga malam hari, panitia sejumlah 40 orang mengerjakan ini secara bergiliran, ketika ada waktu luang di luar aktivitas akademik di kampus.

 

Untuk mendapatkan rekor MURI ini panitia menggunakan jasa notaris sehingga pembiayaan bisa lebih ditekan, yang awalnya 15 juta rupiah menjadi 3 juta rupiah. Fungsi notaris adalah membuatkan berita acara pembuatan mozaik tersebut. Kemudian berita acara ini oleh panitia dikirimkan ke pihak MURI di Semarang disertai dokumentasi. Piagam penghargaan dari MURI diterima pada 22 April 2013. Winahyu selaku notaris berharap para mahasiswa FTI UII bisa mencetak rekor-rekor lain, melakukan sesuatu yang bisa membanggakan almamater FTI UII. Pembuatan mozaik ini hingga mendapatkan rekor MURI menghabiskan total dana delapan juta rupiah. Administrasi sebesar 2 juta, notaris sebesar 1 juta, sedangkan pembuatan mozaik sebesar hampir 5 juta rupiah.

 

Dengan ini LEM FTI UII berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yaitu Rangkaian Foto Terbanyak, yang telah diraih oleh Drs. H. A. Kholiq Arif, M.Si (Bupati Wonosobo) dan Agung Wiera, BA.A.FPSI. Dalam rangka hari jadi Kabupaten Wonosobo ke-186 serta untuk  mengoptimalkan potensi pariwisata daerah Kabupaten Wonosobo, Wiera Photography (bapak Agung Wiera, BA.A.FPSI) membuat rangkaian foto terbanyak, 36.456 foto dengan ukuran 6 x 14 meter. Kegiatan berlangsung pada 24 Juli 2011 di Wonosobo.

 

Ahada

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply