Exploraphoria 2013: Wujud Cinta Seni Dan Budaya Indonesia

paradeSabtu (13/4) rangkaian acara Exploraphoria 2013 kembali digelar. Kali ini menyajikan Parade Budaya, Festival Seni dan Budaya, serta Malam Puncak (Expression Night)Exploraphoria 2013 mengangkat tema “Explode Your Spirith of Youth through Art & Culture” (meledakkan semangat kaum muda melalui seni dan budaya). Pada Kamis (18/4) juga menyelenggarakan rangkaian terakhir yaitu pemecahan rekor MURI.

 

“Khazanah kekayaan budaya nusantara agaknya sudah mulai ditinggalkan generasi muda bangsa ini. Karenanya mahasiswa FakultasTeknologi Industri UII bersama belasan asrama mahasiswa se-Jogjakarta mengadakan parade budaya nusantara yang bertujuan untuk melestarikan budaya kita tercinta ini”. Ujar Fauzan selaku panitia pengonsep acara ini.

 

Parade Budaya dimulai pada pukul 8.30 Wib start point di Gedung DPRD Yogyakarta dan finish di Taman Pintar Yogyakarta pada pukul 10.00 wib. Parade dipimpin oleh Barongsai Putra Mataram, diikuti Colour Guard. Beberapa provinsi yang mengikuti parade budaya ini antara lain Kalimantan Tengah, Riau, Tidore, Bima, Kalimantan Barat, Riau serta diikuti 2 orang mahasiswa Jepang yang tengah kuliah di UGM.

 

Usai Parade Budaya, dilanjutkan ke rangkaian berikutnya: Festival Seni dan Budaya, yang berupa Stand Budaya Nusantara yang telah tersedia sejak pagi di Taman Pintar, serta penampilan tarian dari masing-masing provinsi hingga sore hari. Diselingi penampilan komunitas musik dari FTI, yaitu Imunity (Industrial Music Community) dan Kosmik (Komunitas Musik Informatika). Rangkaian acara yang lain, yaitu FTI Peduli mengundang Panti Asuhan Yatim Putri Islam, mereka difalitasi untuk berkeliling di Taman Pintar, makan siang serta diberikan santunan berupa uang tunai. Rangkaian berikutnya pada malam hari, yaitu Expression Night dimulai pada pukul 19.00 wib di tempat yang sama. Menampilkan band lokal Swing-Swing, The Hope serta Stand Up Jogja. Expression Night Berakhir pada pukul 21.00 wib.

 

Rangkaian Exploraphoria 2013 yang terakhir adalah Pemecahan Rekor MURI. “Mozaik Gedung FTI UII Terbesar dan Foto Terbanyak”, dilaksanakan pada Kamis (18/4) pukul 10.00 wib di area parkir barat Fakultas Teknologi Industri. Dekan FTI UII, Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc menyaksikan langsung proses ini. Upaya pengesahan (Hak Cipta) sedang dalam proses.

parade--

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply