Athena, Monitoring Aktivitas Anak, berbasis Smartphone.

Athena – Monitoring Aktivitas Anak, berbasis Smartphone

Data Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), yang direlease (24 Maret 2017), menyatakan dalam tiga tahun belakangan ini mulai 2014 hingga 2017, kasus dugaan penculikan anak terus meningkat. Tahun 2014, data kasus penculikan anak yang masuk ke Komnas 51 kasus. Dari 51 kasus itu, 6 kasus di antaranya penculikan bayi. Di tahun 2015 ada 87 kasus. Rincinnya adopsi ilegal 21 kasus, dipekerjakan paksa 25 kasus, seksual komersial ada 24 kasus. Kemudian ada balas dendam atau tebusan 17 kasus.

“Kami melakukan riset ini, karena melihat fakta dari Komnas Perlindungan Anak bahwa semakin meningkatnya kasus penculikan, pelecehan seksual, dan kekerasan terhadap anak akibat dari kurangnya pengawasan dari orang tua” ujar Ghozy Muhammad FA disela-sela Expo Big Project Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi (RSKE), yang diselenggarakan pada Selasa, 13 Juni 2017 di Hall Fakultas Teknologi Industri UII, Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta.

Baca Juga : Inovasi Mahasiswa, Walker Chair untuk Anak Autis

Ghozy Muhammad FA, adalah salah satu anggota team Athena, singkatan dari Activity Controller Built In GPS and other Sensors Integrated with Smartphone to Prevent Child Kidnapping, yang melakukan penelitian perlindungan terhadap anak-anak ketika orang tua berada jauh dari anak misalnya di tempat pariwisata, sekolah, tempat bermain, dan lainnya.

“Sudah ada beberapa inovasi tentang pembuatan gelang untuk anak-anak namun sebagian besar terbatas pada fungsi untuk mengetahui lokasi anak. Namun Pada gelang Athena ini, terdapat fungsi GPS yang lebih nyata karena tersambung dengan Google Maps” ujarnya.

Ghozy Muhammad FA melakukan penelitian bersama Indra Raesha Valentine, Iga Anggarani dan Muhammad Arief Budiman, yang kesemuanya adalah Mahasiswa Program Studi Teknik Industri angkatan 2015.

Ghozy Muhammad menambahkan “Selain itu, pembeda gelang ini dengan gelang yang lainnya yaitu fungsi monitoring aktivitas dan informasi tubuh anak yang terdiri dari step analyze, sleep analyze, heart rate, temperature, water consumption, alert, dan activity movement yang diperoleh dari sensor yang terdapat di dalam gelang Athena dan dikirimkan melalui konektivitas e-sim. Terdapat pula fungsi one way call untuk orang tua kepada anaknya”.

Jerri Irgo

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.