Kupas Tuntas Tips dan Triks Wawancara Kerja

Perlu Strategi untuk Menjawab Pertanyaan Wawancara dengan Prinsip STAR. STAR merupakan Situation yaitu dengan mengatur adegan dan berikan detail yang diperlukan dari apa yang telah saudara lakukan. Selanjutnya Task adalah menjelaskan apa tanggung jawab saudara dalam situasi itu. Action: Jelaskan dengan tepat langkah-langkah apa yang saudara  ambil untuk mengatasinya dan Result: bagikan hasil apa yang dicapai tindakan saudara. Latihanlah minimal 3x sebelum waktu interview dimulai.

Ungkap Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, saat menjadi Narasumber Workshop Calon Wisudawan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Periode I tahun 2022/2023.  Even dilaksanakan Senin, 19 September 2022, bertempat di Auditorium FTI UII Lt 3 Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta.

Namun sebelumnya, Mira mengingatkan  “perlu Pre-Interview Preparation, dengan 9 tahapan, yaitu Riset terlebih dahulu organisasi yang dituju; Pelajari kriteria seleksi yang dimiliki; Ingat kembali alasan Anda mengapa menginginkan pekerjaan tersebut; Refleksi diri; Lakukan pengembangan diri sebagai rutinitas; Kenakanlah pakaian yang mengesankan; Kelolalah kecemasan saudara; Siapkan beberapa opsi pertanyaan untuk pihak perusahaan dan Jika mengikuti wawancara offline maka kemaslah barang bawaan saudara sesuai kebutuhan.”

“Selanjutnya Apa saja yang dilakukan selama persiapan wawancara?” tanya Mira kepada 115 Calon Wisudawan FTI UII.

“Apabila Wawancara Offline, maka perlu diperhatian untuk berjabat tangan dengan mantap dan duduklah dengan nyaman di kursi sehingga tubuh bagian atas saudara menampilkan postur tubuh yang baik.  jangan bersandar!,” tegas Mira

Sedangkan jika dilakukan “Wawancara Online, maka pastikan koneksi internet stabil, periksa kualitas suara dan video, pilihlah area/lokasi wawancara yang tampak rapi dan nyaman dilihat dan berpakaianlah yang rapi selayaknya akan melakukan wawancara kerja meskipun jika dilakukan di rumah,” tuturnya

Sementara dalam kesempatan yang berbeda Venitalitya Alethea Sari Augustia, S.T., M.Eng., Ketua Pelaksana mengatakan tema yang diusung pada even ini adalah “Kupas Tuntas Tips dan Triks Wawancara Kerja.”

Venitalitya  memiliki harapan selepas mengikuti acara ini, “Wisudawan/ti FTI UII memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi setiap tahap dalam proses mencari pekerjaan khususnya pada tahap wawancara sehingga wisudawan/ti kelak dapat berhasil melewati proses ini dengan memuaskan.”

“Dengan tips dan trik ini, diharapkan juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri wisudawan/ti saat melamar pekerjaan dan memperoleh pekerjaan sesuai yang diidam-idamkan,” pungkas Dosen Jurusan Teknik Kimia FTI UII tersebut.

Download: Materi Workshop | Photo Even

Jerri Irgo