Strategi Memilih Jurusan untuk Menjemput Masa Depan

Orang sukses tidak santai, orang santai tidak sukses. Jika anda tidak berkorban untuk impian anda, maka impian anda yang akan jadi korbannya. Ada enam kata kunci menghadapi masa depan adalah kekuatan doa, memilih tempat pendidikan, fokus pada keterampilan yang ingin dikuasai, perbanyak interaksi dengan orang lain, aktif organisasi dan banyak cari informasi.

Dr. Dody Hartanto. S.Pd., M.Pd, Dosen Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling UAD memaparkan hal tersebut saat menjadi narasumber Webinar “Strategi Memilih Jurusan untuk Menjemput Masa Depan Impian”, yang diselenggarakan Prodi Rekayasa Tekstil (Rekateks) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) secara daring (26 Maret 2022)

Lebih lanjut, Hariz Enggar Wijaya., S.Psi, M.Si., Psikolog, Dosen Prodi Psikologi UII, sebagai narasumber kedua mengatakan “untuk dapat mengenali diri dengan kenali impianmu, kenali bakat-minatmu, kenali kemampuan akademikmu dan kenali lingkungan dekatmu. Selain itu juga harus dapat mengenali target studi dengan pilih 3 alternatif pilihan jurusanmu selanjutnya kumpulkan informasi di website, mahasiswa, alumni, dosen dan kalau perlu kunjungi.”

“Mengambil keputusan lakukan dengan cara bandingkan semua info 3 alternatif pilihan studi tadi, cek impianmu, apakah sejalan?, cek bakat-minatmu, apakah ok?, cek kemampuan akademikmu, apakah cocok?, cek orang terdekatmu, apakah mendukung?, libatkan Tuhan serta urutkan 1-3. Hal penting adalah  buat rencana akan kuliah / kerja di mana dan cek kembali proses dari awal,” tuturnya.

Sementara Ahmad Satria Budiman, S.T., M.Sc., Dosen Prodi Rekateks yang juga sebagai Ketua Tim Pelaksana, ungkapkan “Alhamdulillah, semoga webinar ini dapat sebagai pencerahan dalam memilih kampus, tidak hanya mampu membekali diri untuk persiapan kerja di dunia namun juga persiapan di kehidupan akhirat.” 

Jerri