Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo., M.T., IPU., Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI)  Universitas Islam Indonesia (UII), melakukan kunjungan kerja dan inisiasi kerjasama ke PT Dekor Asia Jayakarya sebagai Industri Strategis berorientasi Ekspor di Jln. Cangkring Malang, RT 06, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta  (10 Ramadhan 1442 H/22 April 2021).

Prof Hari Purnomo, berharap dengan “kerjasama tersebut, dapat mengimplementasikan transformasi pendidikan tinggi yang mampu mencetak lebih banyak lagi talenta-talenta yang dapat bersaing di tingkat dunia.”

Hal tersebut menjadi salah satu faktor keberhasilan untuk mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi, yakni: (1) Lulusan mendapat pekerjaan yang layak dengan upah di atas upah minimum regional, menjadi wirausaha, atau melanjutkan studi; (2) Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus melalui magang, proyek desa, mengajar, riset, berwirausaha, serta pertukaran pelajar; (3) Dosen berkegiatan di luar kampus dengan mencari pengalaman industri atau berkegiatan di kampus lain; (4) Praktisi mengajar di dalam kampus atau merekrut dosen yang berpengalaman di industry; (5) Hasil kerja dosen (hasil riset dan pengabdian masyarakat) dapat digunakan masyarakat dan mendapatkan rekognisi internasional.

Selanjutnya (6) Program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia baik itu dalam kurikulum, magang, maupun penyerapan lulusan; (7) Kelas yang kolaboratif dan partisipatif melalui evaluasi berbasis proyek atau metode studi kasus dan (8) Program studi berstandar internasional dengan akreditasi atau sertifikasi tingkat internasional.

Sementara dalam kesempatan yang sama Bambang Wijaya, CEO / Owner PT Dekor Asia Jayakarya, saat menerima Delegasi FTI UII ungkapkan syukur “Alhamdulillah, PT Dekor Asia Jayakarya berhasil mengirimkan 10 kontainer setiap bulan,  produk perabotan berupa pagar bambu bervolume ke Australia, USA dan Eropa. Berharap kegiatan ekspor dapat terus berlangsung meski di tengah kondisinya pandemi Covid-19,” ujarnya

Salah satu strategi yang dilakukan untuk mendongkrak omset, perusahaan ini menggiatkan penjualan melalui digital marketing. “Selama pandemi Covid-19 yang melumpuhkan aktivitas semua negara. Strategi penjualan kami lebih fokuskan ke digital marketing dan mulai pembangungan pabrik baru, sebagai perluasan proses bisnis,” tutur Bambang Wijaya.

Lulusan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII tersebut menjelaskan saat ini, PT. Dekor Asia Jayakarya memiliki lima belas home industry yang rata-rata mempekerjakan sekitar sepuluh orang.

Adapun anggota Delegasi Jurusan Teknik Industri FTI UII yang tampak hadir, M. Ridwan Andi Purnomo, S.T., M.Sc., Ph.D., Ketua Jurusan; Dr. Taufiq Immawan, S.T., M.M., Ketua Program Studi Sarjana; Ir. Winda Nur Cahyo, S.T., M.T., Ph.D. IPM., Ketua Program Studi Pascasarjana dan Muchamad Sugarindra, S.T., M.T.I.,  Dosen Production Engineering.

Jerri