Prodi Teknik Kimia UII Raih Akreditasi A

Program Studi (Prodi) Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) Yogyakarta berhasil meraih akreditasi ‘A’ berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1796/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018, tertanggal 17 Juli 2018. Dengan nilai sempurna pada Publikasi, nilai 4 dalam skala 4.

“Publikasi ilmiah, memang menjadi salah satu poin besar di dalam akreditasi tersebut. “Alhamdulillah publikasi ilmiah para dosen Teknik Kimia banyak yang terindeks Scopus. Ini sangat mengangkat nilai untuk akreditasi,” ungkap Prof Dr Ir Hari Purnomo MT, Dekan FTI UII seraya menjelaskan, tercatat 77 publikasi selama tiga tahun terakhir dengan kategori 39 Nasional dan 38 Internasional.

“Raihan akreditasi tersebut menjadikan UII sebagai perguruan tinggi swasta pertama dan satu-satunya di wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan raihan akreditasi A pada Program Studi Teknik Kimia,” ujarnya di ruang Sidang Dekanat FTI UII, lantai 2 Gedung KH Mas Mansur Kampus Terpadu UII (26 Juli 2018)

Sementara itu, Ir Drs Faisal RM MT PhD, Ketua Program Studi Teknik Kimia UII, menjelaskan “Selain beberapa standard yang memang dipersyaratkan dalam akreditasi, ada beberapa unggulan yang menunjang pencapaian akreditasi tersebut, antara lain double degree kerjasama dengan perguruan tinggi asing, joint research, dan publikasi dalam jurnal bereputasi Scopus. Prodi Teknik Kimia pun kini sedang merintis staff exchange dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri,” tuturnya.

Sebagai sarana penunjang proses pendidikan, Program Studi Teknik Kimia UII pun dilengkapi tujuh unit laboratorium. “Keberadaan laboratorium ini diharapkan menjadi pusat unggulan desain produk dan teknologi proses, memanfaatkan potensi lokal maupun sumberdaya alam nasional,” ujar Faisal

Jerri Irgo