Syariah, Baik Untuk Semua

Penerapan prinsip-prinsip syariah dapat memperluas pasar tanpa menggangu pasar yang sudah ada dan tidak membutuhkan biaya serta investasi yang relatif besar. Esensi bersyariah adalah menyingkirkan hal-hal yang membahayakan bagi kemanusian dan lingkungannya, sehingga produk dan jasa yang memenuhi syariah baik untuk semua.

Kukuh Wibawanto, General Manager Sofyan Inn – Hotel Unisi Yogyakarta,  memaparkan hal tersebut sebagai Dosen Tamu kepada Mahasiswa Magister Teknik Industri (MTI) Program Pascasarjana Fakultas Teknologi  Industri Universitas Islam Indonesia (PPs FTI UII) Yogyakarta, bertempat  di Lantai 2 Ruang Meeting Sofyan Inn – Hotel Unisi,  Jalan Pasar Kembang No. 41, Yogyakarta (30 Juni 2018)

Baca : Sofyan Inn – Hotel Unisi Yogyakarta

Hal tersebut sangat beralasan, mengutip dari berbagai sumber menyatakan, dulu, tak banyak yang memilih hotel syariah sebagai tempat menginap ketika berlibur. Namun, seiring dengan berkembangnya wisata bernuansa Islami di Indonesia, keberadaan hotel syariah makin banyak diminati. Kenyamanan dalam konteks religi menjadi alasan utama pengunjung memilih hotel syariah.

Pada dasarnya, baik hotel syariah maupun konvensional sama-sama menyediakan hunian sementara. Perbedaannya terletak pada cara penyajian dan berbagai layanan yang diberikan. “Sofyan Inn – Hotel Unisi, seluruh pelayanan mengikuti tata cara Islam. Makanan, minuman, dan restoran harus bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)” ungkap Kukuh Wibawanto

Selain makanan dan minuman halal, setiap rest room atau kamar kecil harus menyediakan air yang cukup untuk bersuci, baik untuk buang air kecil maupun besar, bahkan mandi. Hal ini kadang jarang ditemui di hotel konvensional yang hanya menyediakan tisu di toilet. Untuk fasilitas di dalam kamar, biasanya hotel syariah menyediakan alat salat serta Al-Quran agar tamu merasakan kemudahan dalam beribadah.

Suasana hotel yang kondusif secara Islami juga diperhatikan. “Di Sofyan Inn – Hotel Unisi, tidak ada bar atau hiburan yang ingar-bingar. Setiap tamu yang datang ke hotel pun diperiksa dengan hati-hati. Pasangan bukan muhrim tentu akan ditolak dengan sopan” ujar Kukuh Wibawanto

Saat ini, hampir semua kota besar di Indonesia punya hotel syariah. Grup Hotel Sofyan, sudah memiliki 17 hotel yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bandung, Padang, Palembang, Pandeglang, dan Medan. Kota Yogyakarta Sofyan Inn – Hotel Unisi berada di bawah bendera PT Unisia Kreasi Sejahtera  yang merupakan milik Yayasan Badan Wakaf UII. Hotel Sofyan Inn – Hotel Unisi tersebut saat ini dengan 71 kamar.

Secara terpisah, Dr Ir Elisa Kusrini MT CPIM CSCP, Sekretaris Program Pascasarjana FTI UII melalui pesan singkatnya ungkapkan “Kegiatan kuliah tamu tersebut bagian dari upaya MTI bersama salah satu Mitra Startegis yaitu Sofyan Inn – Hotel Unisi mempersempit gap keilmuan bagi mahasiswa agar seimbang antara teori yang didapat dengan ilmu praktis, khususnya mata kuliah Supply Chain Strategy Desain and Compliance”

Jerri Irgo