Kampus FTI UII

Halo Maba,

Mimin panggil Maba saja nggak papa ya, biar akrab kita. Nah kali ini mimin akan menjelaskan tentang beberapa istilah yang penting untuk kalian ketahui tentang dunia kampus yaitu fakultas, jurusan, dan program studi. Cuman itu aja min? Iya, itu dulu ya, nanti nambah lagi biar nggak cepet lupa. 🙂

Sama seperti organisasi pada umumnya, kampus/universitas juga merupakan organisasi yang punya struktur organisasi dan ada bagian/divisi di dalamnya. Secara umum organisasi di kampus seperti ini:

UNIVERSITAS –> FAKULTAS –> JURUSAN –> PROGRAM STUDI

Nah, kita nggak akan bahas universitas ya. Biar kakak-kakak admin di tingkat universitas yang jelaskan. Mimin akan jelaskan mulai dari fakultas saja. Menurut wikipedia fakultas adalah sebuah divisi dalam sebuah universitas yang terdiri dari suatu area subyek, atau sejumlah bidang studi terkait. Nah kata kuncinya sudah ditebalin tuh. Sederhananya jurusan/prodi yang ada di dalam satu fakultas itu punya keterkaitan subjek pembelajaran atau bidang studinya. Misal Fakultas Teknologi Industri (ingat ya, nama fakultasnya bukan Teknik Industri) punya jurusan Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. Ketiga jurusan itu adalah tiga diantara banyak bidang keilmuan yang menopang teknologi industri di dunia sebenarnya. Teknologi Industri sendiri maksudnya adalah penggunaan ilmu teknik dan teknologi manufaktur untuk menjadikan produksi lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih efisien (wikipedia). Misal industri pesawat terbang, anak informatika kebagian bikin software untuk mengawasi kondisi pesawat, anak elektro kebagian membuat dan menanam segala macam sensornya, sedang anak mesin kebagian merakit dan menentukan komponen mesin mana yang harus dipasang di pesawat. Lalu anak rekateks, industri, dan kimia kemana? Aduh sob, itu kan hanya contoh. Industri bukan pesawat terbang saja ya, ada banyak yang lainnya.  Kebayang kan kaitannya? Pasti kebayang, kalian kan pinter-pinter.

Dalam satu fakultas, ada beberapa jurusan. Jurusan itu mewakili satu bidang keilmuan yang khusus, misalnya Teknik Industri dan Teknik Kimia. Ilmu-ilmu yang dipelajari di Teknik Kimia tentu berbeda dengan yang dipelajari di Teknik Industri walaupun tetap ada irisannya (tidak banyak). Begitu juga dengan jurusan yang lainnya. Apa saja yang dipelajari di jurusan? Nah itu yang harus kalian cari tahu sendiri (smile).

Terakhir tentang program studi atau disingkat prodi. Di UII, program studi ini sebenarnya untuk menggambarkan jenjang pendidikan yang dilaksanakan di masing-masing jurusan. Apalagi itu jenjang pendidikan? Ah elo sob, pura-pura nggak tahu. Kalian kan sudah melalui jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MAN. Nah saat ini kalian akan menempuh jenjang pendidikan S1 (Sarjana) dan semoga nanti bisa lanjut ke S2 (Magister) serta S3 (Doktoral). Tidak semua jurusan mempunyai prodi S1, S2, dan S3. Ada yang hanya punya S1 saja, ada yang punya S1 dan S2 saja. Kenapa? Berat sob pertanyaannya. Nanti tanya Pak Kajur saja ya.

Oh ya mimin lupa, masing-masing tingkat: fakultas, jurusan, dan prodi punya pimpinan ya. Pimpinan fakultas disebut dekan dan biasanya dibantu wakil dekan. Saat ini dekan FTI adalah Prof. Hari Purnomo. Sedangkan pimpinan jurusan disebut Ketua Jurusan (Kajur) didampingi oleh Sekretaris Jurusan. Untuk prodi pimpinannya disebut Ketua Prodi (Kaprodi) dan didampingi oleh sekretaris prodi (sekprodi). Kalau diurutkan hirarkinya dekan –> kajur –> kaprodi. Nah, sekarang tugas kalian cari tahu nama kajur dan kaprodinya masing-masing ya.(AB)