“Why you start is very important dan focus on the problem and then the solution, menjadi hal yang perlu diperhatikan startup business” jelas Delta Purna Widyangga, narasumber di sesi Kuliah Motivasi kegiatan Fresh Graduate Academy (FGA), kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dan Universitas Islam Indonesia.

Delta, dalam paparannya juga berbagi rumus sukses startup business yaitu “Idea x Product x Team x Execution x Luck” jelas CEO & Co-Founder PT. Qiscus Tekno Indonesia tersebut.

Qiscus, perusahaan teknologi business to business penyedia teknologi chat untuk bisnis. Qiscus merupakan perusahaan yang ahli di bidang teknologi komunikasi langsung. Perusahaan ini didirikan di Singapura pada tahun 2013 dan memiliki pusat riset dan pengembangan teknologi di Yogyakarta.

“Kegiatan Fresh Graduate Academy di UII diselenggarakan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai pelaksana kegiatan, dibuka resmi oleh Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, Dekan FTI UII bertempat di Auditorium FTI UII, Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII, Yogyakarta (1 Juli 2019).

Secara terpisah, Ketua Tim Digital Talent Scholarship, Yusuf Aziz Amrulloh., S.T., M.Sc., Ph.D menyampaikan “Tercatat 98 peserta yang lulus seleksi dari 115 pendaftar. Peserta diwajibkan mengikuti 144 jam pelajaran yang dilaksanakan dalam 36 pertemuan, dimana setiap pertemuan 4 jam”.

Adapun “Materi yang akan didapatkan peserta adalah, Amazon Web Services (AWS) Cloud, Python Programming, Machine Learning dan Deep Learning. Semua materi akan disampaikan 15 orang Instruktur/Pengajar dan 7 orang Asisten Instruktur/Pengajar” pungkas Ketua Jurusan Teknik Elektro FTI UII tersebut.

Jerri Irgo