TRENDI, Tas Stylist Multifungsi

Muhammad Iqbal Sabit bersama Adinda Khairunisa, Reno Dias Anggara Purba, Nuraditya Ahmad Fadilah dan Nazula Rukhiana Mukarromah, Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII), terpilih menjadi salah satu Tim yang berhasil lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan tahun 2018. Pada tahun ini, tercatat 92 Proposal yang dibiayai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Tas merupakan produk fashion yang digandrungi khayalak ramai yang digunakan untuk membawa barang saat berpergian seperti saat ke sekolah, kerja atau traveling. Tim kami melihat peluang pasar dan melakukan inovasi dengan menghadirkan TRENDI, Tas Stylist Multifungsi (4 in 1) satu tas yang dapat ditransformasi menjadi 4 jenis tas yaitu menjadi tas tipe Backpack, Slingbag, Totebag dan Waistbag” ujar Iqbal dalam releasenya saat ditemui di Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta (16 Agustus 2018)

Iqbal menambahkan “Hasil survey mengatakan kebanyakan orang memiliki lebih dari satu model tas dalam berkegiatan, sehingga diperlukan inovasi produk tas komersial yang multifungsi. Selain itu, Fashion merupakan salah satu media yang strategis dalam sarana penyampai pesan motivasi dan memperkenalkan keanekaragaman kain tradisional di Indonesia”.

Selain itu, terdapat kata pesan motivasi yang dapat di Custom oleh pembeli. Tim kami melakukan perencanaan dan pengembangan lebih lanjut hingga ketahap produksi untuk dikomersialkan. “Waktu produksi tasnya kita lakukan setiap bulan dengan kapasitas 50/bulan dengan harga Jualnya Rp 100.000 untuk TRENDI ORIGINAL dan Rp 125.000 yang TRENDI ETHNIC” kata Iqbal.

Tim dengan bimbingan Ir. Ali Parkhan, M.T, Dosen Program Studi Teknik Industri FTI UII ini melakukan kerjasama dengan Anas Production sebagai partner dalam melakukan produksi tas yang berbahan baku kain parasut waterproof tersebut secara berkala. Selain itu juga kami menjalin kerja sama International Partnership dengan Allysia yang merupakan social enterprise dengan jalinan kerjasama dalam hal distribusi kepasar Internasional seperti Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar dan Malaysia.

Harapannya, “kedepannya kami terus akan mengembangkan dan berinovasi terhadap produk TRENDI dalam memperluas pangsa pasar dan menjadi produk yang mampu diterima dimasyarakat” pungkas Iqbal

Jerri Irgo