Opini

Logo SIM Presensi FTI

Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia bahwa pencatatan kehadiran selama perkuliahan akan dilakukan melalui SIM Presensi.

Berikut adalah panduan penggunaan SIM Presensi FTI UII.

1. Mahasiswa membuka laman nkmd-uii.id.
2. Pilih menu SIM Presensi lalu login dengan akun Unisys Anda.
3. Terdapat 3 menu pada halaman mahasiswa yaitu Home, Presensi dan Lihat Presensi.

  • Halaman Home merupakan halaman yang menampilkan kelas yang sedang berlangsung (sesi harus dibuka oleh dosen untuk bisa melakukan presensi).
  • Halaman Presensi merupakan tampilan kelas yang aktif yang sedang diikuti mahasiswa yang bersangkutan.
  • Halaman Lihat Presensi merupakan tampikan riwayat presensi yang dilakukan mahasiswa.

4. Untuk melakukan presensi, dapat menggunakan 2 metode, yaitu:

  1. Melalui menu Home
  2. Melalui menu Presensi

5. Mahasiswa kemudian memilih kelas yang akan diisikan presensinya.
6. Apabila presensi sudah dibuka oleh Dosen, maka mahasiswa dapat memilih metode untuk melakukan presensi, yaitu dengan kode unik ataupun QR Code.

SIM Presensi FTI UII

Mahasiswa disarankan membawa gawai yang dilengkapi camera (Ponsel, Tablet, Laptop) untuk kelancaran pelaksanaan presensi.

7. Jika dosen tidak menunjukkan QR code ataupun kode unik maka kehadiran pada sesi yang diikuti akan dilakukan secara manual oleh dosen pengampu mata kuliah.

Jika terjadi kendala atau ada keluhan mengenai masalah presensi dapat mengisi di form http://bit.ly/kendalaUIIPresensiFTI 

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Prof Hari Purnomo Dekan FTI

Pekan Ta’aruf Mahasiswa Baru Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan kegiatan orientasi Mahasiswa Baru FTI UII. Dengan mengikuti kegiatan ini Mahasiswa Baru dapat mengenal FTI UII dan aspek-aspek penting terkait dengan profil, fasilitas, layanan, lembaga kemahasiswaan, alumni, serta beragam informasi menarik terkait aktivitas kemahasiswaan. Selain itu juga ada beragam konten dan materi yang relevan dengan isu aktual dan pengembangan karakter mahasiswa.

Pekan Ta’aruf merupakan pintu gerbang masuk bagi Mahasiswa Baru FTI UII 2020, secara resmi dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo., M.T., Dekan FTI UII pada Minggu, 20 September 2020 secara daring.

“Segala puji dan syukur kepada Allah SWT, sehingga kita semua dapat mengikuti PETA, walau dengan segala keterbatasan dimasa pandemi ini. Kami Pimpinan Fakultas mengucapkan selamat datang bagi Mahasiswa Baru di Kampus Tercinta FTI UII. UII merupakan Perguruan Tinggi Swasta Tertua di Indonesia dan telah mendapatkan berbagai prestasi baik tingkat Nasional maupun Internasional,” tutur Prof Hari Purnomo saat memberikan sambutan.

Selanjutnya Prof Hari Purnomo mengatakan “Kami selaku Dekan mengucapkan selamat mengikuti PETA sebagai langkah awal mengikuti perkuliahan meski dengan segala keterbatasan, untuk mengetahui fasilitas, pengajar, lembaga dan kegiatan yang saudara ikuti selama kuliah hingga lulus. Kami berharap dapat mengukuti peta dan kuliah dengan sungguh-sungguh, serta mengunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.”

FTI UII saat ini, memiliki 6 Program Sarjana yaitu Teknik Industri, Teknik Kimia, Informatika, Teknik Mesin dan Teknik Elektro serta 2 Program Magister, yaitu Teknik Industri dan Informatika. Untuk Program Sarjana terbaru yaitu Rekayasa Tekstil. Kedepan ancang-ancang untuk Program Doktor Teknik Industri dan Program Magister Teknik Elektro serta Program Doktor Informatika.

Program lainnya adalah program double degree antara S2 Teknik Industri dengan NTUST Taiwan serta kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Luar Negeri Lainnya.

Prof Hari Purnomo mengatakan, “FTI UII selalu meningkatkan kualitas dan proses pendidikan, selama pandemi telah mengembangkan Informasi Teknologi pendukung proses pembelajaran. Komitmen Pimpinan FTI UII siap mengantarkan saudara menjadi orang yang hebat dan mampu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya.”

Bima Sena Berdigdaya Menyongsong Dunia, menjadi tagline kegiatan yang dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 20 sd 21 September 2020 dengan menggunakan platfrom informasi website, Youtube, media sosial (Instagram), Zoom Meeting, dan Google Classroom.

“Sebagai Mahasiswa Baru, harus bekerja secara kreatif, inovatif, ikhlas dan mematuhi peraturan yang berlaku di UII, maka kenali jati diri saudara untuk mencari ilmu,” pungkas Prof Hari Purnomo.

Jerri

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang Mahasiswa Baru Fakultas Teknologi Industri 2020, setelah mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru UII di tingkat Universitas yaitu Pesona Ta’aruf UII 2020, tentunya tidak afdol jika tidak mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru UII di tingkat Fakultas. Pekan Ta’aruf FTI UII adalah kegiatan orientasi mahasiswa baru yang dikhususkan untuk mahasiswa baru Fakultas Teknologi Industri. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 20-22 September 2020 dengan memanfaatkan kanal informasi website, Youtube, Media Sosial (Instagram), Zoom Meeting, Google Meet, Google Classroom dan beberapa platform games.

Dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa baru dapat mengenal FTI UII beserta elemen yang ada didalamnya serta aspek-aspek penting terkait dengan fasilitas, layanan, laboratorium, lembaga kemahasiswaan, alumni, serta beragam infromasi menarik terkait aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain itu juga ada beragam materi yang relevan dengan isu aktual dan talkshow mengenai peluang untuk sukses dalam perkuliahan.

Untuk infromasi selengkapnya mengenai PETA FTI UII 2020 bisa mengunjungi :

Instagram : @petafti2020
Youtube : PETA FTI UII 2020