Yassierli, Ergonomi dalam Industri 4.0

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ir. Yassierli, MT., PhD., CPE, Ketua Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan Progam Studi Teknik Industri FTI UII menjelaskan “Ergonomi dalam Industri 4.0” yang disampaikannya di Auditorium FTI UII Lantai 3, Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII Yogyakarta (26 Maret 2018)

Mengapa Perlu Ergonomi? Dalam Konsep Dasar Ergonomi, Yassierli menyampaikan terdapat “perancangan berbasis manusia sebagai pengguna (Human centered Design) selanjutnya rancangan alat/produk/prosedur kerja yang disesuikan dengan kondisi manusia, sehingga bukan, manusia yang dipaksa menyesuaikan dengan kondisi saat ini alat/produk/prosedur kerja” jelasnya

“Ergonomi adalah Ilmu yang membahas tentang kemampuan dan keterbatasan manusia, yang digunakan untuk evaluasi dan perancangan alat kerja/prosedur/lingkungan/organisasi yang EASNE (Efektif, Aman, Sehat, Nyaman dan Efisien)” tegas Dosen Teknik Industri ITB dan juga sebagai Former President of Southeast Asian Network of Ergonomics Society (SEANES) tersebut.

Terdapat 7 alasan, mengapa perlu Ergonomi? yaitu tingginya keluhan dan gangguan otot rangka sebagai penyakit akibat kerja: sakit bahu, pinggang, pergelangan tangan selain itu kecelakaan kerja masih tinggi akibat kelelahan dan rancangan display & tombol mesin serta prosedur kerja yang tidak ergonomis. Selain itu sering terjadi human error, izin sakit pekerja masih tinggi, cacat produksi masih tinggi dan tingkat kenyamanan kerja masih rendah serta tingkat produktivitas masih rendah.

Dengan Konsep Dasar Ergonomi, maka Keselamatan Kerja dapat terwujud dengan mencegah kelelahan yang berlebihan, mencegah human error (kesalahan kerja) dan kecelakaan kerja selain itu indikator Kesehatan Kerja juga dapat tercapai yaitu mencegah sakit akibat kerja (gangguan otot-rangka) dan Produktivitas dapat optimal dengan membuat kerja lebih mudah & efisien dan meningkatkan moral kerja.

Jerri Irgo

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.