Waspadai Gejala dan Kenali Pencegahan TBC

Penyuluhan Penyakit TBC FTI UII 2017

(Kaliurang). Penyakit Tuberculosis (TBC) penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia. Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

 

Hal tersebut menjadi salah satu alasan Humas FTI bersama MarComm FTI selenggarakan  kegiatan Penyuluhan Penyakit TBC sebagai media edukasi. Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Lantai 3 Gedung KH. Mas Mansur, Kampus Terpadu UII tersebut dihadiri Dosen, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa FTI (22 Maret 2017).

 

Narasumber, dokter Fuad Habibi, utusan dari Puskesmas Ngemplak I Sleman, memaparkan “ciri-ciri yang dapat kita ketahui dari penyakit TBC adalah batuk lebih dari 2 minggu, sesak nafas, serta nyeri dada, selain itu juga berat badan selalu menurun dan selera makan berkurang. Bahkan penderita yang akut pun sampai mengeluarkan batuk berdarah” tegasnya

 

“Dari semua pengetahuan yang kita ketahui tadi, ada pencegahan yang dapat kita lakukan. Etika ketika anda batuk dan bersin tutup hidung dan mulut dengan menggunakan tisu, saputangan, atau lengan dalam baju anda, segera buang tisu yang sudah anda pakai, cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, serta selalu gunakan masker. Sehingga kita patut waspada gejala-gejala yang terindikasi penyakit TBC” tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran UII tahun 2014, sekarang menempuh program dokter internship di Puskesmas Ngemplak I Sleman.

 

Secara terpisah Izzati Muhimmah, ST, M.Sc, Ph.D, Ketua Panitia menyatakan “Tujuan penyuluhan ini adalah sebagai media edukasi bagi civitas akademika FTI UII tentang penyakit menular,  khususnya TBC. Harapannya kedepan supaya masing-masing lebih mengetahui bagaimana cara pencegahan dan mengenali penyakit menular khususnya TBC itu sendiri” ujar Izzati yang juga sebagai Dosen Magister Teknik Informatika PPs FTI UII.

Leave us a Comment