Unisi Naval Robotic, raih Juara 2 NASDARC 2017

01 – Teknik Mesin – Unisi Naval Robotic, raih Juara 2 NASDARC 2017 (2)

(Surabaya). “Alhamdulillah, capaian total penilaian dari Tim Kapal UII Robotic yaitu 633,69 point menempatkan pada posisi juara 2, berhak mendapatkan uang tunai Rp 3 juta, sertifikat dan plakat, terpaut selisih 0,17 poin dari Juara 1. Capaian di National Ship Design and Race Competition (NASDARC) 2017 pada kategori Design, Point Manuver Race dan Point Speed Race” mengutip release Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri (FTI) – 3 Rajab 1438 H/ 1 April 2017.

Tim Unisi Naval Robotic, seusai meraih Juara 2 NASDARC 2017 (Photo Istimewa – Irgo)
NASDARC 2017 merupakan lomba race prototype kapal yang dikendalikan dengan Remote Control (RC). Lomba ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori siswa SMA/Sederajat dan kategori mahasiswa dengan target seluruh peserta se-Indonesia. Tiap kategori dibagi menjadi 2 penilaian, yaitu penilaian desain dan race. Penilaian desain dinilai oleh Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan juga pengamat RC yang berkompeten di bidangnya.

Keikutsertaan 43 Tim dari kategori mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta/Negeri se Indonesia termasuk 2 Tim Kapal UII tercatat dengan no peserta 417127 – Unisi Naval Robotic 1 dan 417128 – Unisi Naval Robotic 2. keduanya memiliki keunggulan yang berbeda.

Rahmat Riza, ST., M.Sc.ME. selaku Dosen Pembimbing menyataan “Semoga ini menjadi penambah motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa UII yang lain untuk berprestasi sesuai dengan bidang masing-masing tanpa melupakan tujuan pokok sebagai Mahasiswa yang harus tetap menyelesaikan tugas nya dalam bidang akademik formal. Lebih lanjut, prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi masing-masing anggota tim untuk lebih semangat kuliahnya”.

Harapan kedepan semoga kedepannya keaktifan mereka di tim dapat menjadi nilai lebih selain untuk mengisi waktu luang yaitu menjadi wadah berbagi antara sesama anggota tim baik itu ilmu pengetahuan maupun masalah-masalah yang dihadapi oleh masing-masing anggota. “Semoga masing-masing anggota dari tim ini bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak dengan menjadikan tim ini sebagai alat untuk penunjang kegiatan utama mereka selama menjadi mahasiswa Teknik Mesin UII baik itu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, kreativitas dan kemampuan softskills mereka” ujarnya.

Kompetisi yang dilaksanakan di Kampus ITS Surabaya pada tanggal 30 Jumadal Akhir dan 2 Rajab 1438 H / 29 Maret 2017 dan 31 Maret 2017, selain sebagai ajang kompetisi juga sebagai tempat mahasiswa untuk berkreatifitas dan melakukan inovasi dalam bidang teknologi transportasi air.

Secara terpisah Risdiyono, ST, Dr.Eng, M.Eng, Ketua Prodi Teknik Mesin menyatakan “Meskipun Teknik Mesin tidak memiliki konsentrasi secara khusus di bidang perkapalan, prestasi ini telah membuktikan bahwa implementasi ilmu yang dipelajari dalam kurikulum Teknik Mesin sangat luas. Dua bidang keahlian manufaktur (desain dan otomasi) yang dikembangkan oleh Teknik Mesin UII semoga mampu menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk berprestasi di berbagai ajang kreativitas baik tingkat Nasional maupun Internasional”.

“Keikutsertaan mahasiswa diberbagai lomba merupakan salah satunya upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter KSATRIA (Kuat, Semangat, Adaptif, Terampil, Responsif, Inovatif dan Amanah) pada mahasiswa Teknik Mesin UII” pungkasnya.

Jerri Irgo

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.