Mobil Listrik Mahasiswa UII Mampu Terkoneksi Internet

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

dekan-fti-uii-dan-team-mobil-listrik-kaliurang-unisi-generasi-2-1-2

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UII berhasil mengembangan mobil listrik dengan kemampuan Internet of Things (IoT). Mobil ini dapat terkoneksi dengan internet, dan terhubung dengan semua peralatan berbasis jaringan.

Kamampuan yang luar biasa tersebut membuat mobil yang dinamai Kaliurang Unisi generasi 2.1 mirip seperti Skynet dalam film Terminator. “Dengan begitu, mobil listrik ini mampu menulis status facebook dan twitter dengan sendirinya,” tutur Anggota Tim Ulil Albab Student Center (UASC) pembuat Kaliurang Unisi 2.1, Muhammad Fanriado, Jumat (25/11).

Menurutnya, tidak ada yang mengendalikan semua aksi yang dilakukan oleh Kaliurang Unisi 2.1. Karena semua aktivitasnya di sosial media dilakukan secara otomatis. Hampir semua kondisi mobil dilaporkan dalam cuitan twitter, mulai dari kecepatan, akselerasi, hingga suhu.

Adapun hal yang biasanya sering ditweet oleh mobil tersebut adalah temperatur. Meski demikian, terkadang Kaliurang Unisi 2.1 juga suka men-tweet kecepatan. Oleh karena itu, para programmer tim UASC UII menjulukinya sebagai Server Berjalan.

Dalam melakukan penelitian, Tim UASC juga melewati sekian banyak percobaan. Bahkan menurut Fanriado, dibutuhkan waktu tiga tahun untuk meneliti kontroler mobil. “Kami mengalami 18 kali kontroler terbakar,” katanya.

Saat ini Tim UASC tidak membeli komponen mobil yang sudah jadi. Mereka merakit sendiri komponen-komponen yang dibutuhkan. Ke depannya mereka bercita-cita untuk membuat mobil sendiri.

Dekan Fakultas Teknologi Industri UII, Imam Djati Widodo menuturkan, riset yang dikembangkan untuk ajang kompetisi mobil listrik tingkat nasional ini juga dipakai sebagai bahan tugas akhir mahasiswa. “Sebenarnya penelitian mengenai mobil listrik ini lebih dari hanya sekedar riset. Namun ini bisa jadi investasi jangka panjang untuk negeri,” tutur Imam.

Diberitakan Republika OnLine

Artikel Terkait ; Mobil Listrik yang Mampu Menulis Status di Medsos

Jerri Irgo

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply