Mahasiswa UII Kembangkan Aplikasi Pintar Pinjam Buku di Perpustakaan

Sabika

Mahasiswa sering mengeluhkan kesulitan untuk meminjam buku yang ada di perpustakaan kampus. Satu alasannya, ketersediaan buku yang hanya sedikit namun peminjamnya cukup banyak, sehingga saat datang ke perpustakaan sering kali tidak menemukan buku yang dicari.

Seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII), Sabika Amalina, berhasil mengembangkan purwarupa (prototype) aplikasi UniBook.

“Ini saya lakukan dengan metode pendekatan Design Thinking,” katanya, Sabtu (12/8/2017 di Yogyakarta.

Ia mengakui, sebelum mengembangkan aplikasi tersebut, sebenarnya sudah ada aplikasi sejenis. Sabika membandingkan dengan aplikasi mLibrary-UGM yang merupakan aplikasi perpustakaan yang memiliki fitur  yang serupa dengan UniBook.

“Fitur utama yang disuguhkan aplikasi mLibrary-UGM ini adalah peminjaman buku secara online, fitur notifikasi tenggat pengembalian buku dan riwayat peminjaman buku,” katanya.

Menurut dia, fitur itu kurang lebih sama dengan fitur pada UniBook.

Baca : Mata Kuliah Desain Thinking Ciptakan Mahasiswa Kritis

Namun, lanjutnya, pada aplikasi yang ada terdapat kekurangan seperti tidak tersedianya fitur saran untuk pustakawan dan tidak menampilkan denda dalam keterlambatan pengembalian.

Sabika menambahkan pada UniBook yang juga berbasis mobilephone itu, dilengkapi dengan fitur pemesanan buku yang dapat dilakukan satu jam sebelum kedatangan peminjam di perpustakaan.

Baca Juga : Fakultas Teknik Teknologi Industri UII Terapkan Mata Kuliah Design Thinking

Menurut mahasiswa angkatan 2016 itu, pengembangan aplikasi tersebut dilakukan dengan pendekatan Design Thinking.

“Karena Design Thinking ini mampu membawa kami, mahasiswa ke dalam proses berpikir yang jauh berbeda dengan cara memecah masalah dan model inovasi konvensional,” katanya.

Aplikasi UniBook ini, tambahnya sudah diujicobakan di lingkungan UII sendiri dan masih akan disempurnakan lagi. (AF)

diberitakan : SenayanPost