FTI UII Raih Beasiswa Rp 1,3 Miliar

SLEMAN (KRjogja.com) – Fakultas Teknologi  Industri (FTI)  sudah ‘joint degree’ semua program studi (prodi) dengan beasiswa Rp 1,3 miliar. Lewat program tersebut, mahasiswa akan memperoleh 2 ijazah yang diterbitkan mitra yakni FTI UII dan perguruan tinggi mitra yakni Sazion University (Belanda) dan Raja Manggala University of Technology Thailand.

 

Dekan FTI UII Ir Gumbolo Hadi Susanti MSc mengemukakan hal tersebut kepada wartawan, Kamis (1/11). “Dengan Raja Manggala ini kami sudah semua prodi. Sementara dengan Saxion masih untuk prodi teknik tekstil,” ujarnya.

 

Dijelaskan, 2 ijazah dari perguruan tinggi mitra di mancanegara ini akan diakui asal sudah disahkan Ditjen Dikti Kemendikbud. Sekarang ini, FTI sudah mendapatkan pengakuan sebagai penyelenggara program kerjasama melalui penerbitan surat Dikti Kementrian Dikbud.

 

“Karena SK legalitas dari Dikti itulah, FTI mendapatkan beasiswa Biro Perencana Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Rp 1,2 miliar,” tambahnya.

 

Gumbolo mengemukakan, ‘joint degree’ di kedua perguruan tinggi ini dilaksanakan dengan skema yang sama, 3 + 1. Artinya, mahasiswa 3 tahun belajar di FTI UII dan setahun di Saxion atau Taja Manggala.

 

“Yang di Saxion, pendidikan selama 1 tahun dibagi menjadi 2. Yang 1 semester untuk di kelas dan 1 semester di industri,” katanya.

 

Untuk semester ini, FTI UII akan mengirimkan 2 mahasiswa ke Belanda dan 2 ke Thailand. Meski demikian Gumbolo berharap agar yang dari Thailand atau Belanda lebih banyak yang datang ke FTI UII. (M-4)

 

Diberikan di KR.Online

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.