FTI Launching Program Joint Degree dengan 2 Universitas dari Belanda dan Thailand

Fakultas Teknologi Industri  (FTI) UII melaunching program joint degree (gelar bersama) dengan Saxion University of Applied Sciences, Belanda dan Rajamanggala University of Technologi Thanyaburi (RMUTT), Thailand. Program ini sudah mendapatkan legalitas dari pemerintah Indonesia melalui surat Dirjen DIKTI.

“skemanya nanti mahasiswa kuliah 3 tahun di sini dan 1 tahun di sana, mereka mendapatkan 2 ijazah yang  syah dan dapat digunakan karena sudah dapat izin Dirjen DIKTI” kata Dekan FTI, Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc di hadapan wartawan Kamis, (1/11) di kampus terpadu UII.

 

Ir. Gumbolo mengatakan 2 mahasiswanya sudah siap berangkat ke Belanda. Rencananya selama setahun di sana 1 semester pertama digunakan untuk belajar di universitas, dan semester berikutnya dihabiskan di industri teknik tekstil.

 

“mereka kami usahakan dapat beasiswa. Karena sudah dapat SK legalitas dari Dirjen DIKTI, mereka bisa mendapatkan beasiswa dari Biro Perencanaan Kerjasama Luar Neger (BPKLN). Sekarang kan syarat untuk dapat beasiswa unggulan adalah dapat SK Dirjen DIKTI untuk joint degree atau double degree s1, kita sudah dapt itu” ungkpanya.

 

Sementara itu untuk kerjasama dengan RMUTT Thailand, semua Prodi yang ada di FTI sudah melakukan joint degree. Bahkan untuk Prodi Teknik Kima terhitung sudah melakukannya dengan 3 universitas, meliputi The Hague University (THU) Belanda, Saxion dan RMUTT. Saat ini, menurut Ir. Gumbolo, ada 2 orang mahasiswanya yang akan berangkat ke RMUTT pada semester ini. Semuanya diusahakan mendapatkan beasiswa BPKLN.

 

“bahkan kalau yang ke Thailand lebih enak, mereka gratis SPP, karena SPP diurus di universitas masing-masing tinggal bayar tempat tinggal. Begitu juga kalau mereka mengirim mahasiswanya ke sini. Tahun depan rencananya ada mahasiswa mereka yang kuliah di sini” tambahnya.

 

Diberitakan di uii.ac.id 

Leave us a Comment